kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indofood CBP akan menerbitkan obligasi global, begini posisi utang terakhir ICBP


Sabtu, 05 Juni 2021 / 15:36 WIB
Indofood CBP akan menerbitkan obligasi global, begini posisi utang terakhir ICBP
ILUSTRASI. Penerbitan obligasi global ICBP diperkirakan mencapai US$ 1,5 miliar atau setara Rp 21,42 triliun.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) tengah bersiap menerbitkan obligasi global (global bond) bernilai jumbo. Menurut sumber Bloomberg, nilai penawaran global bond tersebut ditargetkan mencapai US$ 1,5 miliar atau setara Rp 21,42 triliun.

Adapun nilai final dan persyaratan kesepakatan obligasi itu akan sangat bergantung pada kondisi pasar. "Hasil perolehan bersih dari rencana penawaran umum obligasi global tersebut akan digunakan untuk membiayai pembayaran kembali sebagian pinjaman bank sehubungan dengan akuisisi Pinehill Company Limited," kata Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Sukses Makmur Gideon A. Putro kepada kontan.co.id, Jumat (4/6).

Seperti diketahui, pada Agustus 2020, ICBP mengakuisisi Pinehill dengan nilai US$ 3 miliar. Sebagian besar biaya akuisisi itu diperoleh dari pinjaman sindikasi bank.

Berdasarkan laporan keuangan akhir 2020, emiten Grup Salim ini memiliki total utang bank ICBP sebesar Rp 30,98 triliun. Dari total tersebut, bagian yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun hanya sebesar Rp 212,74 miliar. Sebagian besar pinjaman sindikasi tersebut akan baru akan jatuh tempo pada Agustus 2025.

Baca Juga: Indofood CBP (ICBP) segera terbitkan global bond, bagini kata para analis

Pinjaman bank ini terutama berasal dari sindikasi perbankan untuk akuisisi Pinehill. Nilai akuisisi Pinehill mencapai US$ 3 miliar. Sebesar US$ 2,35 miliar pembayaran dilakukan pada tanggal penyelesaian dan sebesar US$ 650 juta akan dibayar pada 30 April 2022 atau tanggal lain setelah penyesuaian harga pembelian ditentukan secara definitif.

Adapun ICBP telah memperoleh hasil pemeringkatan dengan peringkat Baa3 dan BBB-, masing-masing dari Moody’s Investor Service dan Fitch Ratings.

Dalam pelaksanaan proses Rencana Penawaran Umum Obligasi Global tersebut, ICBP telah menunjuk joint bookrunners antara lain UBS AG, Singapore Branch; Deutsche Bank AG, Singapore Branch; Mizuho Securities (Singapore) Pte. Ltd., SMBC Nikko Capital Market Limited; dan Mandiri Securiteis Pte. Ltd.

Baca Juga: Nilai global bond ICBP dikabarkan mencapai US$ 1,5 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×