kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,98   -12,52   -1.36%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IICD mengumumkan top 50 emiten big cap dan mid cap


Senin, 10 Desember 2018 / 22:43 WIB
IICD mengumumkan top 50 emiten big cap dan mid cap
ILUSTRASI. Penghargaan Corporate Governance IICD


Reporter: Willem Kurniawan | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) tahun ini kembali mengadakan CG Conference & Award yang ke 10, dengan tema “Bringing about Changes: Opportunities and Challenges for Directors pada Senin, 10 Desember 2018.

Acara ini juga sekaligus memperingati pengabdian IICD yang selama 18 tahun telah berkiprah dalam melakukan internalisasi good corporate governance di Indonesia, baik melalui kegiatan training, riset, konsultasi dan seminar CG di dalam dan luar negeri.

"Ini semangat dan tanggung jawab kami untuk membantu pemerintah, mendorong perusahaan-perusahaan untuk melakukan praktik tata kelola yang baik," kata Sigit Pramono, Chairman IICD, Senin (10/12).

Pada acara ini, Sri Mulyani, Menteri Keuangan memberikan paparannya serta berkilas balik ke awal diadakannya IICD CG Conference & Award yang pertama pada tahun 2009 di Bali. "Kita berharap pondasi pentingnya CG itu akan semakin ditegakkan. Sama dengan membangun CG yang baik, maka membangun competitiveness di ekonomi Indonesia dibutuhkan policy konsisten selama berpuluh tahun. Ini lah yang terus dibangun setahap demi setahap untuk perekonomian Indonesia akan semakin dan terus kuat," ujarnya.

IICD melakukan penilaian terhadap 200 emiten dengan market kapitalisasi terbesar yang terdaftar di BEI, dimana emiten-emiten tersebut dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 100 emiten dengan market kapitalisasi terbesar (big cap) dan 100 emiten dengan market kapitalisasi menengah (mid cap), yang didukung oleh 10 asesor dan 4 reviewer.

Instrumen yang dipergunakan untuk menilai 200 emiten tersebut adalah CG Scorecard dari OECD Principle yang meliputi: hak-hak pemegang saham, perlakuan yang setara terhadap pemegang saham, peran pemangku kepentingan, pengungkapan dan transparansi serta tanggungjawab dewan.

Dalam penilaian, IICD mempertimbangan juga kasus korupsi yang melibatkan emiten. Ke depannya, IICD akan mempertimbangkan memasukan komponen anti korupsi dan kinerja keuangan sebagai faktor penentu dalam penilaian kinerja CG emiten.

Dalam acara ini, IICD mengumumkan Top 50 emiten big cap dan mid cap dengan praktek CG Terbaik tahun 2017, diantara top 50 tersebut terdapat 24 emiten big cap serta 23 emiten mid cap terbaik yang akan menerima award.

Pemberian apresiasi kepada para emiten dengan praktek CG terbaik dibagi menjadi 10 kategori, yaitu: The Best CG Overall, The Best Financial Sector, The Best Non-Financial Sector, The Best SOE/BUMN, The Best Right of Shareholders, The Best Equitable Treatment of Shareholders, The Best Role of Stakeholders, The Best Disclosure & Transparency, The Best Responsibility of the Boards, dan The Most Improved.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×