CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.004,92   -14,06   -1.38%
  • EMAS994.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

IHSG Telah Naik 2,07%, Simak Proyeksi Analis untuk Perdagangan Awal Pekan


Minggu, 29 Mei 2022 / 18:01 WIB
IHSG Telah Naik 2,07%, Simak Proyeksi Analis untuk Perdagangan Awal Pekan
ILUSTRASI. IHSG Telah Naik 2,07%, Simak Proyeksi Analis untuk Perdagangan Awal Pekan


Reporter: Kenia Intan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau pada perdagangan di akhir pekan, Jumat (27/5). IHSG terkerek 142,75 poin atau 2,07% ke level 7.026,256. 

Mengutip data Bursa Efek Indonesia (BEI), 10 dari 11 sektor di bursa memang mencatatkan penguatan. Kenaikan signifikan dirasakan oleh sektor transportasi dan logistik yang terkerek hingga 4,76%. Setelahnya disusul sektor keuangan yang naik 2,64%. Adapun sektor barang baku juga meningkat 1,94%. 

Analis Investindo Nusantara Sekuritas Pandu Dewanto mencermati, capital inflow yang kembali menguat setelah tertekan dua pekan sebelumnya menjadi pendorong penguatan IHSG.

Tercatat, net buy asing mencapai Rp 1,39 triliun. Aliran dana asing ini utamanya dicatatkan oleh saham-saham berkapitalisasi jumbo atawa big caps perbankan yang menjadi tulang punggung indeks. 

Baca Juga: IHSG Menguat 1,56%, Ini Saham Top Gainers dan Losers Sepekan

Penguatan IHSG juga mengekor pada pergerakan positif pada bursa global selama sepekan. Sepengamatannya, kekhawatiran akan tingginya inflasi dan kenaikan suku bunga yang lebih agresif mulai mereda. Selain itu, tanda-tanda puncak inflasi dan ketahanan konsumen memicu optimisme bahwa pengetatan ekonomi tidak akan sampai memasuki resesi.

"Risalah dari pertemuan The Fed kembali menegaskan bahwa akan mengendalikan inflasi dengan tetap mempertimbangkan data ekonomi, hal ini membuat pasar kembali bergairah," ungkap Pandu kepada Kontan.co.id, Minggu (29/5). 

Untuk pekan depan, Pandu memproyeksikan IHSG akan melanjutkan penguatan. Sepengamatannya, ada gap IHSG di area 7.156 hingga 7.204 yang akan menjadi target.

Baca Juga: IHSG Naik 1,56% Sepekan, Saham GOTO Tak Lagi Jadi Top Gainers

Walau begitu, investor tetap perlu mewaspadai akan kemungkinan koreksi  karena IHSG sepekan terakhir telah mengalami kenaikan signifikan. Kondisi tersebut bisa dimanfaatkan untuk buy on weakness karena arahnya masih cenderung menguat. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×