kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG punya peluang melanjutkan penguatan pekan lalu


Senin, 15 Oktober 2018 / 06:19 WIB
IHSG punya peluang melanjutkan penguatan pekan lalu
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia


Reporter: Anna Maria Anggita Risang | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang melanjutkan kenaikan pada awal pekan ini. Sebelumnya, Jumat (12/10), indeks berhasil rebound 0,94% ke level 5.756,49. Meski begitu, investor asing masih mencetak penjualan bersih alias net sell sebesar Rp 1,20 triliun.

Walau sepekan lalu bergerak fluktuatif, IHSG masih tercatat menguat 0,43%. Namun dalam sepekan, investor asing mencatatkan penjualan bersih dengan total Rp 4,16 triliun.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji mengungkapkan, IHSG bisa bergerak positif sepekan belakangan lantaran pelaku pasar mulai merespons positif kondisi ekonomi dalam negeri. Ini membuat pergerakan indeks saham relatif menguat meski kurs rupiah menyentuh level Rp 15.200 per dollar Amerika Serikat.

Selain itu, penyelenggaraan IMF-World Bank Annual Meetings di Bali yang berlangsung kondusif turut memberikan sentimen positif terhadap bursa. "Hal tersebut memberikan efek positif bagi pertumbuhan ekonomi dalam negeri," ujar Nafan, kemarin.

Valdy Kurniawan, analis Phintraco Sekuritas, menambahkan, IHSG bergerak fluktuatif dipengaruhi data tenaga kerja AS yang positif. Tingkat pengangguran AS turun ke level 3,7%. "Ini pula yang memperkuat spekulasi kenaikan Fed fund rate di Desember nanti," tutur dia.

Vice President Research Department Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menilai, sentimen positif bagi pasar saham domestik pada pekan ini berasal dari ekspektasi terhadap rilis laporan keuangan emiten kuartal ketiga. Selain itu, perekonomian domestik yang stabil akan turut mendorong kenaikan IHSG. 

Lanjar Nafi, analis Reliance Sekuritas mengatakan, secara teknikal, IHSG telah rebound menutup gap down yang terbentuk pada Kamis lalu. Namun, pergerakan indeks tertahan, terindikasi dari resistance moving average (MA) 5 dan menipisnya ruang pergerakan stochastic di middle oscillator.

Prediksi Lanjar, Senin (15/10), IHSG akan naik terbatas di kisaran 5.706 sampai 5.800. William memperkirakan, indeks akan menguat dengan level resistance di 5.872 dan level support di 5.621.

Valdy memprediksi, IHSG saat ini mencoba technical rebound ke 5.800–5.900 dengan support di kisaran 5.700. Sedangkan Nafan, memperkirakan, IHSG akan menguat dengan rentang pergerakan antara level 5.723 hingga 5.789.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×