kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,95   2,20   0.24%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG menguat saat PSBB Jakarta diterapkan kembali, ini sebabnya


Senin, 14 September 2020 / 09:30 WIB
IHSG menguat saat PSBB Jakarta diterapkan kembali, ini sebabnya


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai hari ini, Senin, 14 September 2020. Meski Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat anjlok sehari setelah pengumuman PSBB, bursa saham menguat dalam dua hari perdagangan setelah itu, termasuk untuk hari ini Senin (14/9) pukul 9.30 WIB, IHSG melesat 1,79% ke 5.106.

Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Chris Apriliony mengatakan, keputusan ini justru akan berdampak baik bagi pasar saham. Setelah melihat pemaparan terkait PSBB dari pemerintah DKI Jakarta pada Minggu (13/9), Chris memprediksi IHSG dapat kembali menguat. "Pasalnya, PSBB Jilid II hanya lebih kepada larangan berkumpul, sedangkan aktivitas ekonomi masih tetap dapat dilanjutkan hanya saja ada rambu-rambu yang perlu diperhatikan," kata Chris kepada Kontan.co.id, Minggu (13/9).

Memang, dalam PSBB saat ini, pasar dan pusat perbelanjaan atau mal boleh untuk buka dengan syarat pengunjung hanya sebanyak 50% dari kapasitas. Kemudian, rumah makan dan restoran, baik di dalam maupun di luar mal, bisa operasi hanya pesan antar atau ambil bawa pulang, tetapi tidak diizinkan menerima makan di tempat.

Baca Juga: IHSG melesat naik lebih dari 1% di awal perdagangan Senin (14/9)

Perkiraan Chris atas penguatan kembali IHSG ini juga dipengaruhi oleh pergerakan IHSG yang sudah merosot sehari setelah rencana PSBB Jilid II diumumkan pada Rabu (9/9) malam. "Pada perdagangan Kamis (10/9), terlihat kepanikan di pasar saham sehingga IHSG turun 5,01% dan sempat terkena trading halt," kata dia.

Chris memprediksi, IHSG dapat naik lagi ke level 5.140. Untuk Senin (14/9), IHSG diperkirakan bakal bergerak dengan support di level 4.990 dan resistance 5.070. Sebagai pengingat, pada Jumat (11/9), IHSG sudah kembali naik 2,56% ke posisi 5.016,71.

Baca Juga: Bursa Asia cenderung menguat, simak sejumlah katalis positif awal pekan ini

Menurut Chris, investor dapat memanfaatkan momentum ini untuk akumulasi beli saham-saham yang mencatatkan penurunan cukup banyak pada Kamis lalu. "Yang menarik saat ini adalah sektor perbankan dan tambang. Sektor properti kemungkinan juga masih akan naik, tetapi karena PSBB saat ini masih berdampak pada sektor properti sebaiknya dihindari dulu," tutur Chris.

Meskipun begitu, dia memprediksi, penurunan pada sektor properti mulai terbatas karena sudah mencatatkan penurunan yang cukup dalam. Terlebih lagi, dampak PSBB Jilid II terhadap aktivitas perekonomian dinilai tak terlalu parah.

Baca Juga: ​PSBB Jakarta berlaku hari ini, ingat kembali protokol kesehatan dan sanksinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×