kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG menguat di awal pekan, begini komentar sejumlah analis


Senin, 18 Februari 2019 / 18:22 WIB
IHSG menguat di awal pekan, begini komentar sejumlah analis


Reporter: Aldo Fernando | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah pekan lalu ditutup melemah, indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali berada di zona hijau hari ini. IHSG melesat sebesar 108,73 poin atau 1,70% ke posisi 6.497,82 pada perdagangan Senin (18/2). Sejumlah analis pun menyampaikan pendapatan mereka.

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan menilai, penguatan IHSG hari ini diwarnai oleh aksi bargain hunting, terutama pada saham-saham blue chip yang melemah signifikan atau mengalami sell-off pada pekan kemarin, seperti ASII, UNVR, dan saham perbankan.

Selain itu, menurut Valdy, perkembangan positif negosiasi dagang antara AS-China juga memberikan sentimen positif.

“Pekan ini dijadwalkan ada pertemuan lanjutan di Washington. Diharapkan ada kesepakatan sebelum deadline 1 Maret 2019. Kalaupun masih buntu, diharapkan ada perpanjangan masa trade truce hingga 60 hari. Jadi, isu trade wars sedikit mereda di awal pekan ini,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Senin (18/2).

Valdy menambahkan, pemulihan harga minyak dunia juga ikut membantu Indonesia. “Diharapkan bisa memperbaiki kinerja ekspor indonesia kalau tren ini terus berlanjut,” katanya.

Menurut analis Artha Sekuritas Dennis Christoper Jordan, penguatan IHSG hari ini ditopang sektor aneka industri yang menguat sebesar 2.93% dan sektor infrastruktur sebesar 2.46%.

“Penguatan didorong oleh optimisme investor setelah perkembangan negosiasi antara China dan AS kian membaik. Secara teknikal pelemahan beberapa hari terakhir dinilai oversold,” kata Dennies dalam laporannya, Senin (18/2).

Sementara, analis Panin Sekuritas William Hartanto menjelaskan, berdasarkan indikator Stochastic diprediksikan IHSG terindikasi rebound pada hari ini. “Secara indikator Stochastic pada Jumat (15/2) memang sudah menunjukkan IHSG berada pada area oversold sehingga memang sejak kemarin itu sudah terindikasi akan terjadinya rebound,” katanya kepada Kontan.co.id, Senin (18/2).

Menurut William Debat Capres pada Minggu (17/2) turut berpengaruh terhadap IHSG hari ini. “Rencana kelanjutan pembangunan infrastruktur paling besar pengaruhnya bagi investor. Ini karena negara dengan infrastruktur yang baik akan menghasilkan industri yang bertumbuh,” jelasnya.

Selain itu, kata William rencana B100 turut menjadi sentimen positif bagi sektor crude palm oil (CPO). “Kedua sektor ini memang menguat walaupun belum signifikan, namun efek dari debat kemarin sudah terlihat,” ujarnya.

Berbeda, menurut Valdy, Debat Capres tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap IHSG. “Karena debat tersebut mungkin akan berdampak pada swing voter yang jumlahnya sekitar 13%, sementara sangat kecil kemungkinan debat ini mempengaruhi pilihan pendukung nomor 1 atau nomor 2,” jelas Valdy.

Volume perdagangan hari ini sebesar 13,10 miliar saham dengan total nilai transaksi sebesar Rp 9,66 triliun. Frekuensi perdagangan saham hari ini sebanyak 430.217 kali. Kapitalisasi pasar pada perdagangan hari ini mencapai 7.408,82 triliun.

Sementara, asing melakukan net sell sebesar 147,02 miliar di semua pasar pada perdagangan Senin (18/2).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×