kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

IHSG melemah karena minim sentimen domestik, simak prediksinya besok


Senin, 22 Juli 2019 / 17:57 WIB

IHSG melemah karena minim sentimen domestik, simak prediksinya besok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah sebesar 0,36% ke level 6.433 pada perdagangan Senin (22/7).

Penurunan suku bunga acuan BI sebesar 25 basis point (bps) tidak membuat kinerja IHSG menguat pada perdagangan Senin (22/7). Indeks kembali terkoreksi setelah sebelumnya sempat mengalami pergerakan yang positif pada perdagangan Kamis dan Jumat lalu.


Menurut analis Samuel Sekuritas Muhammad Alfatih, melemahnya IHSG pada hari ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari pelemahan indeks saham regional dan sentimen geopolitik Iran-Inggris.

Berita buruk terkait utang beberapa emiten seperti APLN dan perusahaan tekstil menurut Alfatih juga menjadi sentimen negatif pada perdagangan hari ini.

Selain itu, “Rencana China akan membebaskan batas kepemilikan asing di asuransi dan sekuritas bisa menyebabkan alokasi dana asing dialihkan ke sana,” Ujar Alfatih Senin (22/7).

Dampak dari rencana kebijakan baru China ini dapat dilihat dari kecenderungan transaksi asing yang didominasi oleh aksi jual bersih. 

Di sisi lain, analis Bina Artha Sekuritas Muhammad Nafan Aji melihat, minimnya sentimen positif dari dalam negeri turun menjadi sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG pada hari ini. 

Dari segi global, meningkatnya sentimen no-deal Brexit juga menjadi sentimen yang mempengaruhi pergerakan pasar pada perdagangan hari ini.

Akibat kenaikan tensi dan sentimen terkait no-deal Brexit menurut Nafan menyebabkan pelaku cenderung bersikap wait and see. Sementara sentimen terkait perang dagang yang pekan lalu sempat menjadi salah satu sentimen negatif bagi pergerakan Indeks dinilai Nafan masih cukup mereda hari ini.

Pada perdagangan esok hari, pergerakan IHSG masih akan dipengaruhi oleh berbagai sentimen negatif yang mempengaruhi IHSG pada perdagangan hari ini. Sementara itu, sentimen penurunan suku bunga The Fed ke depan menurut Nafan akan memberikan dorongan positif bagi para pelaku pasar.

Alfatih memprediksikan esok hari IHSG memiliki kemungkinan menguat di level 6.415 – 6.460. 

Adapun esok hari menurut Alfatif, market masih cenderung minim sentimen. Sentimen yang ada lebih banyak terkait berita jangka pendek laporan keuangan emiten serta berita terkiat kondisi geopolitik China maupun Iran.

Nafan juga memprediksikan esok hari IHSG akan menguat dan berada pada rentang support 6.392 hingga 6.413 sementara resistance akan berada pada rentang 6.461 hingga 6.488. 

Nafan merekomendasikan investor untuk mencermati saham ASII, BBNI, BMRI, CPIN, MAPI, PGAS, dan RALS dengan akumulasi beli.


Reporter: Irene Sugiharti
Editor: Herlina Kartika
Video Pilihan

Tag
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 0.9571

Close [X]
×