kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG hari ini ditutup menguat 0,33%, analis memprediksi besok akan bergerak terbatas


Selasa, 02 Maret 2021 / 16:33 WIB
IHSG hari ini ditutup menguat 0,33%, analis memprediksi besok akan bergerak terbatas
ILUSTRASI. Karyawan melintas di depan layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (4/1/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,33% di level 6.359,20 pada perdagangan Selasa (2/3). Sebanyak 225 saham menguat, 253 saham melemah, dan 162 saham stagnan.

Pada perdagangan hari ini, investor asing membukukan pembelian bersih (net buy) Rp 27,65 miliar di seluruh pasar.

Analis Pilarmas Investindo, Okie Setya Ardiasmata menjelaskan penguatan tersebut didorong dari penurunan imbal hasil obligasi pemerintah Amerika yang meredam kekhawatiran pelaku pasar saat ini. Dengan begitu, memberikan dampak positif pada perdagangan pasar saham global.

Baca Juga: IHSG menguat 0,33% ke 6.359 pada perdagangan Selasa (2/3), asing borong saham bank

Namun, ia menyebutkan depresiasi rupiah yang diikuti dengan outflow dari pasar obligasi memberikan tekanan pada laju pergerakan IHSG.

Oleh sebab itu, Pilarmas Investindo memperkirakan IHSG besok akan melemah terbatas. Perlambatan tersebut seiringan dengan pergerakan pasar saham global yang dinilai masih dapat tertekan dalam jangka waktu pendek.

"Selain itu, rilis data dari dalam negeri seperti pertumbuhan kredit, inflasi dan manufaktur yang mengindikasikan adanya perlambatan ikut memberikan tekanan pada pergerakan IHSG yang diproyeksikan dapat terbatas," ujarnya kepada kontan.co.id, Selasa (2/3).

Menurutnya , saat ini pelaku pasar akan mencermati dampak dari stimulus fiskal dan juga moneter terhadap kinerja perekonomian di akhir kuartal I. Stimulus fiskal pada sektor otomotif dan juga properti diharapkan dapat memberikan efek domino pada sektor penunjangnya yang menjadi trigger terhadap daya beli masyarakat dan juga produktivitas sektor industri.

Baca Juga: Akan melantai di bursa, Berkah Beton Sadaya gunakan kode saham BEBS

Okie memproyeksikan, IHSG besok akan berada di rentang 6.293 - 6.388. Untuk besok, ia mengatakan saham-saham yang menarik untuk dicermati INDF, INTP, dan SMGR.

Secara teknikal, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, berdasarkan rasio fibonacci, support maupun resistance minimum berada pada 6.256,03 hingga 6.455,53.

Berdasarkan indikator, MACD dan RSI masih menunjukkan sinyal positif. Namun demikian, stochastic mulai menunjukkan jenuh beli atau overbought. Di sisi lain, terlihat pola bearish spinning top candle yang mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar pada pergerakan IHSG.

Binaartha Sekuritas merekomendasikan saham-saham yang menarik untuk dicermati, AALI, BEST, UNTR, WEGE, WSBP, dan WSKT.

Selanjutnya: Saham-saham yang banyak diburu asing saat IHSG rebound pada Selasa (2/3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×