kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG diprediksi melanjutkan penguatan hari ini


Senin, 10 September 2018 / 06:33 WIB
IHSG diprediksi melanjutkan penguatan hari ini
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia


Reporter: Anna Maria Anggita Risang, Intan Nirmala Sari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Senin (10/9) meskipun tipis. Upaya pemerintah menyelamatkan nilai tukar rupiah dari tekanan dolar AS, dengan menaikkan pajak penghasilan impor mendapat respon positif dari pelaku pasar. 

Berdasarkan data RTI Jumat (7/9), indeks menguat 1,30% ke level 5.851,46. Namun, investor asing masih mencatatkan net sell di seluruh pasar sebanyak Rp 280,18 miliar.

Direktur Investa Saran Mandiri Hans Kwee mengatakan, IHSG berpotensi mengalami konsolidasi menguat. Ini karena, pelaku pasar sudah banyak yang melakukan aksi profit taking sebelumnya.

"Pekan ini, pasar masih akan merespon penguatan nilai tukar. Selain itu, kebijakan bea impor juga direspon positif oleh pasar, sehingga akan ada penguatan terbatas," ujarnya kepada Kontan.co.id, Minggu (9/9).

Beberapa sektor saham yang dapat dilirik pada perdagangan hari ini adalah saham perbankan dan saham barang Konsumsi. Sedangkan untuk sektor saham komoditas sebaiknya diwaspadai, karena sektor tersebut akan tertekan saat kurs melemah.

"Investor bisa speculatif buy, atau buy on weakness lebih tepat. IHSG diperkirakan berada pada level support 5.769 dan resistance 5.978," kata Hans.

Senada, analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan, pada Senin ini (10/9) secara teknikal pergerakan IHSG harusnya berlanjut naik. Namun, pasar juga akan menunggu rilis cadangan devisa terbaru Indonesia. “Kalau sesuai prediksi konsensus IHSG akan menguat kembali, dan tentunya harus disertai dengan penguatan rupiah juga,” imbuh William.

M. Nafan Aji, analis Binaartha Sekuritas juga mengatakan, IHSG berpeluang melanjutkan penguatan pada awal pekan ini. Akhir pekan lalu, pelaku pasar cenderung memanfaatkan kesempatan untuk melakukan akumulasi beli sehingga pada akhirnya IHSG berhasil rebound

"Yang perlu digarisbawahi bahwa para pelaku pasar tentu mengapresiasi peran pemerintah dalam menjaga stabilitas fundamental makroekonomi domestik yang inklusif dan berkesinambungan, di tengah ketidakpastian global," tutur Nafan.

Nafan meramalkan indeks hari ini akan menguat di level support 5.741 dan resistance 5.906. Senada, William memprediksi IHSG hari ini akan menguat dengan rentang level 5.770-5.900. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×