CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,33   10,53   1.04%
  • EMAS995.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

IHSG Berpotensi Teknikal Rebound, Saham Energi dan Perbankan Ini Bisa Dilirik


Rabu, 06 Juli 2022 / 18:01 WIB
IHSG Berpotensi Teknikal Rebound, Saham Energi dan Perbankan Ini Bisa Dilirik
ILUSTRASI. IHSG menutup perdagangan hari ini dengan melemah 0,85% ke level 6.646,41.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada dalam tekanan sepanjang perdagangan Rabu (6/7). IHSG menutup perdagangan hari ini dengan melemah 0,85% ke level 6.646,41. 

Beberapa analis meramal IHSG berpotensi mengalami rebound teknikal untuk jangka pendek pada perdagangan Kamis (7/7). Saham-saham di sektor energi dan perbankan bisa dilirik untuk perdagangan besok. 

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova menganalisis secara teknikal bursa global dalam fase bearish. Adapun penguatan yang terjadi hanya bersifat jangka pendek dari aksi spekulasi dari pelaku. 

Baca Juga: IHSG Turun ke 6.646 Pada Rabu (6/7), Net Sell Asing Mencapai Rp 308 Miliar

"Aksi jual susulan diperkirakan masih bisa membayangi pasar, meskipun esok hari ada potensi rebound pendek jika melihat penutupan IHSG hari ini," kata Ivan saat dihubungi Kontan, Rabu (6/7).

Dia memproyeksikan IHSG akan menguji resistance terdekat di level 6.768, yang apabila gagal ditembus maka kemungkinan koreksi susulan dapat terjadi lebih cepat. 

Namun, kalau angka tersebut berhasil ditembus, ada harapan IHSG untuk melaju ke level 6.800. Ivan bilang IHSG akan uji support di level 6.560. 

Baca Juga: Kurs Rupiah Jisdor Melemah ke Rp 15.015 pada Rabu (6/7)

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menuturkan rilis data cadangan devisa akan mempengaruhi perdagangan IHSG besok. Dia memperkirakan IHSG akan cenderung sideways

"IHSG kami perkirakan akan cenderung sideways dengan support 6.559 dan resistance di level 6.767. Untuk sektor pelaku pasar bisa mencermati IDX Energy dan IDX Consumer Non-Cyclicals," papar Herditya. 

Sementara, Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan menyampaikan IHSG punya peluang untuk technical rebound ke kisaran 6.700-6.730 di Kamis (7/7). 

"Rebound signifikan mayoritas indeks di Eropa hingga Rabu sore (6/7) berpotensi memicu pergerakan serupa pada IHSG pada perdagangan besok, meski masih dibayangi sejumlah sentimen negatif," kata dia. 

Dia bilang saham komoditas bisa kembali diperhatikan seiringan dengan adanya peluang teknikal rebound pada saham ADRO, INDY, HRUM, PTBA, dan ITMG. Selain itu investor bisa mencermati BBCA, BSDE, SMRA, HMSP, dan TLKM. AMRT dan TBIG berpotensi lanjutkan uptrend jika melewati level resistance

Sementara, Ivan menyarankan investor untuk mencermati saham dari sektor perbankan ada saham BBRI dan BMRI. Dari sektor pertambangan, saham ADRO dan MDKA dapat dilirik untuk memanfaatkan potensi penguatan minor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×