kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG Berpotensi Sentuh 7.424, Ini Sektor Saham Favorit CSA Index untuk Maret 2024


Rabu, 06 Maret 2024 / 09:37 WIB
IHSG Berpotensi Sentuh 7.424, Ini Sektor Saham Favorit CSA Index untuk Maret 2024
ILUSTRASI. Layar perdagangan saham di?Bursa Efek Indonesia.? KONTAN/Carolus Agus Waluyo/30/10/2023.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Capital Sensitivity Analysis (CSA) Index untuk bulan Maret 2024 berada di level 67,6. Level CSA Index bulan ini mengalami penguatan dibandingkan bulan Februari yang berada di posisi 59,7.

Hasil ini mengindikasikan meningkatnya optimisme pelaku pasar pasca Pemilihan Umum (Pemilu). 

Dalam riset CSA Index yang dilakukan pada 15 Februari - 29 Februari 2024,  pelaku pasar mengapresiasi hasil pemilu yang berlangsung dengan aman dan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) yang mengindikasikan tidak ada putaran kedua.

Baca Juga: Cek Rekomendasi Saham CTRA, BRMS, ESSA, & MNCN dari RHB Sekuritas, Rabu (6/3)

Hanya saja, angka ini belum mencapai optimisme di bulan Januari yaitu sebesar 83,7. Meski begitu, pelaku pasar tetap memprediksi IHSG akan bullish di bulan Maret 2024 dengan proyeksi angka penutupan di kisaran 7.424.

"Angka ini mengindikasikan penguatan sebesar 108 poin atau 1,48% dari penutupan di bulan Februari 2024 di level 7.316," ungkap rilis CSA Index Maret 2024 yang diterima Kontan.co.id, Rabu (6/3).

Selain apresiasi terhadap situasi pasca Pemilu yang masih kondusif, sebagian besar pelaku pasar juga antusias dalam menantikan hasil rilis laporan keuangan yang biasanya akan dilakukan di bulan Maret ini.

Optimisme besar akan hasil kinerja keuangan dari berbagai sektor diharapkan akan positif serta disertai pembagian dividen dalam jumlah besar.

Baca Juga: Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham AKRA, ESSA, EXCL, dan PTBA Untuk Rabu (6/3)

"Namun adanya bulan Ramadan dan mulai berlangsungnya ibadah puasa juga membuat pelaku pasar cenderung menahan diri sehingga transaksi di bulan Maret berpotensi menjadi sepi," imbuh rilis CSA Index Maret 2024.

Kemudian ada kekhawatiran bahwa The Fed berencana untuk melonggarkan penurunan suku bunga acuan ke semester II-2024 atau mundur dari wacana awal yaitu di Kuartal I-2024.

Pelaku pasar juga realistis dengan fluktiatifnya nilai tukar dalam beberapa waktu terakhir serta potensi tantangan geopolitik yang masih cukup panas. 

CSA Index mencermati sektor-sektor yang akan menjadi penggerak utama IHSG di bulan Maret. Sektor keuangan menjadi pilihan utama mayoritas pelaku pasar sebagai sektor yang dapat memacu IHSG. Sektor keuangan menjadi pilihan karena kinerja tahunan yang telah dirilis menunjukkan hasil yang positif.

Selain itu sektor energy dan consumer non-cyclicals juga menjadi opsi. "Jika diperhatikan, ketiga sektor ini selalu menjadi pilihan pelaku pasar dalam beberapa bulan terakhir," ungkap rilis CSA Indeks Maret 2024.

Baca Juga: Cek Rekomendasi Saham BRPT, CPIN, PGAS dan SMRA dari RHB Sekuritas, Senin (4/3)

Sebagai informasi, CSA Index dikompilasi oleh CSA Institute bekerja sama dengan Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) dari respons kuesioner yang dikirimkan ke seluruh anggota AAEI dan alumni dari CSA Institute. 




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×