kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45946,58   -0,57   -0.06%
  • EMAS969.000 -0,82%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

IHSG berpeluang menguat, berikut saham pilihan hari ini (8/7)


Rabu, 08 Juli 2020 / 05:25 WIB
IHSG berpeluang menguat, berikut saham pilihan hari ini (8/7)


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup turun 0,04% ke level 4.987,08 pada Selasa (7/7). Pelemahan IHSG disebabkan oleh saham sektor konsumsi turun 0,41% dan sektor properti turun 0,41%. 

Sementara saham sektor pertanian menguat 0,42% dan sektor infrastruktur naik 0,66%. Lanjar Nafi Analis Reliance Sekuritas mengatakan, saham produsen CPO naik akibat harga CPO yang terlihat cukup kuat di atas level RM 2.300. 

Baca Juga: Cermati rekomendasi teknikal saham MAPI, AALI, MYOR untuk perdagangan besok

Sementara saham infrastruktur naik berkat kenaikan saham telekomunikasi. Saham TLKM yang menjadi top net buy investor asing. Data cadangan devisa rilis sesuai ekspektasi sebesar US$ 131,7 miliar menjadi biasa saja di tengah aksi ambil untung investor mengimbangi terkoreksinya indeks regional.

Aksi jual investor setelah saham mengalami penguatan signifikan di awal pekan. Lonjakan saham di China pada Senin membantu mendorong saham global ke level tertinggi sejak awal Juni, dengan para pedagang menaruh kepercayaan pada pemulihan ekonomi yang didukung stimulus pemerintah dan bersiap untuk musim rilis laporan keuangan mendatang.

Baca Juga: Menguat di tengah pelemahan IHSG, ini rekomendasi saham perbankan lapis kedua

Lanjar mengatakan, IHSG hari ini ditutup dengan candlestick bearish secara teknikal. Ini memberikan sinyal jenuh dengan indikator stochastic tiba pada area overbought. Meskipun demikian secara trend masih positif dengan momentum indikiator RSI yang belum begitu mahal saat ini. 

Sehingga Lanjar memperkirakan IHSG akan bergerak moderate di zona positif dengan support resistance 4.960-5.120. Saham-saham yang cukup menarik secara teknikal diantaranya ACES, AKRA, ANTM, LPKR, MAPI, TLKM.

William Surya Wijaya Analis Indosurya Bersinar Sekuritas menyebut, pola gerak IHSG masih berada dalam rentang yang cukup terbatas. Namun resistance level terdekat sedang berusaha ditembus dan berusaha digeser ke arah yang lebih baik.

Fluktuasi nilai tukar Rupiah serta harga komoditas jelang rilis data perekonomian tingkat penjualan eceran masih akan turut mewarnai pergerakan IHSG pada hari ini (8/7). 

Baca Juga: IHSG besok diprediksi akan lanjutkan pelemahan, ini penyebabnya

William memperkirakan, IHSG hari ini masih berpotensi terkonsolidasi di kisaran 4.789 - 5.018. Sementara saham pilihan William hari ini diantaranya sebagai berikut, - BBCA, TLKM, AALI, ITMG, ACES,  ICBP dan UNVR. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×