kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ICDX Buat Ekosistem Perdagangan Karbon


Rabu, 16 November 2022 / 05:50 WIB
ICDX Buat Ekosistem Perdagangan Karbon


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. ICDX akan menciptakan ekosistem perdagangan karbon. Nantinya ICDX akan berkolaborasi dengan Kadin Indonesia. Sementara ICDX akan memimpin dalam practice sharing centre pada pasar karbon legacy B20 Indonesia. 

Legacy tersebut diluncurkan pada perhelatan B20 Summit Indonesia dan dilaporkan dalam B20 Communique kepada Presiden Joko Widodo di Bali (14/11). Carbon Centre of Excellence ini akan membantu pebisnis, baik dari sektor swasta maupun publik, dalam memetakan bisnis dengan standar global, untuk memastikan strategi yang diambil berlandaskan pada climate-resilience. 

Board Member of ICDX Group Megain Widjaja dalam rilis menjelaskan, practice sharing centre ini akan menghadirkan serangkaian sesi berbagi pengalaman yang dilakukan oleh perusahaan dengan fokus untuk memasuki voluntary carbon market (VCM), hingga rencana dan regulasi pemerintah negara G20 dalam mengembangkan pasar karbon domestik di tiap negara. 

Baca Juga: 25 Rekomendasi Kebijakan B20 untuk KTT G20

Ini sejalan dengan upaya Kadin Indonesia untuk mengupayakan pendanaan transisi hijau melalui mekanisme kerjasama voluntary carbon market dengan negara lain. Sehingga perusahaan yang menghasilkan kredit karbon dapat memperoleh pendanaan untuk memperluas investasi atau kegiatan usaha rendah emisi.

Pasar karbon nantinya memungkinkan mitigasi perubahan iklim dengan biaya lebih murah, namun memberi dampak besar. Menurut Shinta Widjaja Kamdani, Chair B20 Indonesia, dalam perhelatan B20 Summit Indonesia, B20 Indonesia memungkinkan bisnis dan pembuat kebijakan mengatasi masalah transisi energi, sebagai salah satu masalah paling mendesak saat ini. 

Carbon Center of Excellence ini juga ditargetkan bisa memberdayakan bisnis yang memiliki potensi tumbuh melalui perdagangan karbon, dengan adanya pusat pengetahuan karbon dan berbagi real practice. Kerjasama ini juga akan untuk mendorong kolaborasi lintas negara. 

Baca Juga: Indika Energy dan Foxconn Menyediakan Bus Listrik untuk B20 dan G20 Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×