kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

HM Sampoerna (HMSP) tingkatkan daya saing UKM


Selasa, 12 Maret 2019 / 22:34 WIB
HM Sampoerna (HMSP) tingkatkan daya saing UKM


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) mengapresiasi dan mendukung komunitas retail binaannya, Sampoerna Retail Community (SRC) dalam menggelar kegiatan Pesta Retail dengan tema ”Yuk Belanja ke SRC” di Celebes Convention Center, Makassar. 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh SRC untuk meningkatkan daya saing Usaha Kecil Menengah (UKM) di Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai penggerak dari kemajuan ekonomi lokal.

Berbagai rangkaian acara meliputi pameran UKM,lokakarya kewirausahan dan seminar juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Sulsel.Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah turut hadir dan memberikan apresiasinya. Harapannya, SRC dapat bersaing di era globalisasi modern dan terus bermanfaat untuk perekonomian lokal.
   
Sepak terjang para pelaku UKM di Sulsel kini semakin nyata, terlihat dari data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan yang mencatat bahwa jumlah pelaku UKM di provinsi ini telah meningkat dari 916.232 unit pada tahun 2017 menjadi 1.000.000 unit pada tahun 2018.

Di tengah iklim perkembangan UKM yang sangat kondusif, sinergi antara pihak pemerintah dan sektor swasta dalam mengembangkan UKM di Indonesia menjadi sangat krusial.

Kepala Urusan Komersial & Pengembangan Bisnis Sampoerna, Henny Susanto,meyakini bahwa seiring dengan majunya para pelaku UKM, roda perekonomian daerah setempat pun akan semakin bergulir cepat. 

”Pemberdayaan UKM merupakan upaya kamidalam mendukung pemerintah untuk mengakselerasi kemandirian ekonomi baik di tingkat nasional maupun daerah," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (13/3).

Semangat itu dituangkan dalam payung program perusahaan yaitu ‘Sampoerna untuk Indonesia’. Sejalan dengan komitmen tersebut, Sampoerna mendukung acara Pesta Retail yang diselenggarakan oleh SRC guna memperkenalkan pelaku UKM di Sulsel kepada masyarakat luas.

Dia menambahkan, program Sampoerna untuk Indonesia menggunakan pendekatan keberlanjutan dalam bentuk pembangunan kapabilitas yang terintegrasi dalam memberdayakan UKM.

Salah satu sektor yang menjadi fokus dari program ini adalah peretail tradisional melalui SRC yang telah beranggotakan lebih dari 100.000 mitra dagang di seluruh Indonesia sejak tahun 2008.

Di provinsi Sulsel, sebanyak 2.000 toko retail tradisional sudah menjadi bagian dari SRC dan dibina oleh Sampoerna secara berkelanjutan. Para pedagang tradisional di Sulsel mulai tergabung dalam SRC sejak tahun 2009 dan berasal dari berbagai wilayah termasuk Makassar, Jeneponto, Takalar, Gowa, Maros dan Pangkep.

Pemerintah daerah Sulsel menyambut positif pelaksanaan Pesta Retail yang menarik setidaknya 2.000 pengunjung ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×