kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45865,53   3,86   0.45%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Terus Turun, BEI Pantau UMA pada Saham Metro Healthcare (CARE)


Selasa, 04 Juni 2024 / 09:01 WIB
Harga Terus Turun, BEI Pantau UMA pada Saham Metro Healthcare (CARE)
ILUSTRASI. Pada perdagangan Senin (3/6), harga Metro Helthcare (CARE) kembali ambles 12,79% ke level Rp 75 per saham.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) menginformasikan telah terjadi penurunan harga saham PT Metro Healthcare Indonesia Tbk (CARE) di luar kebiasaan alias Unusual Market Activity (UMA). Pada bulan Mei, saham CARE telah mengalami penurunan yang signifikan.

Merujuk RTI Business, harga saham CARE jatuh dari level Rp 170-an ke level Rp 86 per saham hingga 31 Mei 2024. Pada perdagangan Senin (3/6), harga CARE kembali ambles 12,79% ke level Rp 75 per saham.

Harga saham CARE mengakumulasi pelemahan 56,40% dalam sebulan terakhir, atau anjlok 53,13% secara year to date. Namun pihak BEI menegaskan bahwa penurunan harga saham di luar kebiasaan ini belum tentu menunjukkan adanya pelanggaran.

"Pengumuman unusual market activity (UMA) tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang undangan di bidang Pasar Modal," ungkap pengumuman Bursa tertanggal 3 Juni 2024.

Baca Juga: BEI Buka Suspensi, Saham Satria Antaran (SAPX) Masih Bisa Menguat?

Pengumuman Bursa tersebut ditandatangani oleh Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Yulianto Aji Sadono dan Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan Pande Made Kusuma Ari A. Sebagai informasi, sebelumnya bursa telah mengumumkan tiga kali UMA pada saham CARE.

UMA atas perdagangan saham CARE tersebut sebelumnya diumumkan pada 26 Februari 2024, 3 November 2023 dan 24 Agustus 2023. Sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham CARE, BEI saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham tersebut.

Para investor pun diharapkan untuk memperhatikan empat hal. Pertama, memperhatikan jawaban Perusahaan Tercatat atas permintaan konfirmasi Bursa. Kedua, mencermati kinerja emiten dan keterbukaan informasinya.

Ketiga, mengkaji kembali rencana corporate action emiten apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Keempat, mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Adapun, informasi terakhir yang dipublikasikan CARE di keterbukaan BEI terjadi pada 30 Mei 2024. CARE mengumumkan rencana penyelenggaraan public expose tahunan.

 

Public expose tersebut akan berlangsung pada Rabu, 12 Juni 2024. Pada tanggal yang sama, CARE juga menggelar RUPS Tahunan dan Luar Biasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×