kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Harga Saham GOTO Turun Lagi Meski Ada GreenShoe, Ini Rekomendasi untuk Investor


Rabu, 27 April 2022 / 07:28 WIB
Harga Saham GOTO Turun Lagi Meski Ada GreenShoe, Ini Rekomendasi untuk Investor
ILUSTRASI. Harga Saham GOTO Turun Lagi Meski Ada GreenShoe, Ini Rekomendasi untuk Investor


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) kembali turun dalam pada perdagangan Selasa 26 April 2022. Padahal, agen stabilisasi harga atau greenshoe kembali membeli jutaan saham GOTO di bursa kemarin. Dengan penurunan harga saham GOTO yang semakin dalam, apa yang harus dilakukan investor?

Mengutip data RTI, saham GOTO tersungkur 5,49% ke level Rp 310 pada akhir perdagangan hari Selasa (26/4/2022). Padahal, saham GOTO dibuka melesat ke posisi Rp 348 per saham.

Namun, setelah itu GOTO masuk ke zona merah dan terus bergerak di zona merah. Pada pukul 09:26 WIB, saham GOTO jatuh hingga 6,1% dibandingkan posisi penutupan kemari ke posisi Rp 308 per saham.

Dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), agen stabilisasi saham GOTO, CGS-CIMB Sekuritas mengumumkan, kembali melakukan tugasnya dengan membeli 16,81 juta saham di harga rata-rata Rp 310 pada perdagangan hari ini.

Dengan begitu, jumlah akumulasi saham GOTO yang telah dibeli dari pasar mencapai 98,76% dari alokasi saham 6,09 miliar saham. Dari pembelian ini, total dana yang telah digelontorkan untuk stabilisasi harga GOTO mencapai Rp 2,02 triliun.

Alhasil, sisa saham GOTO yang bisa dibeli untuk program greenshoe tinggal 1,24% lagi atau setara 75,43 juta saham. Seperti diketahui, GOTO menggunakan instrumen stabilisasi harga dengan skema greenshoe untuk menjaga harga saham GOTO agar tidak lebih rendah dari harga IPO sebesar Rp 338 per saham.

Baca Juga: GoTo Gunakan Secuil Amunisi Greenshoe yang Tersisa, Saham GOTO Tetap Terpuruk

Rekomendasi untuk investor

Dengan pelaksanaan greenshoe tersebut, jumlah saham GOTO di pasar semakin berkurang. Sisa alokasi saham GOTO yang bisa dibeli makin tipis.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee menyarankan untuk investor berhati-hati jika ingin membeli saham GOTO. "Greenshoe-nya udah mau habis, jadi investor perlu hati-hati," kata Hans kepada Kontan.co.id, Senin (25/4).

Penurunan harga saham GOTO memang menjadikan saham tersebut jauh lebih murah dibandingkan saat harga IPO. Apalagi, perusahaan GOTO sejauh ini belum berhasil mencetak keuntungan atau masih merugi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×