kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Harga Saham GOTO Koreksi Ke 276, Hari Ini (14/9) Pilih Jual atau Beli?


Rabu, 14 September 2022 / 08:15 WIB
Harga Saham GOTO Koreksi Ke 276, Hari Ini (14/9) Pilih Jual atau Beli?
ILUSTRASI. Harga Saham GOTO Koreksi Ke 276, Hari Ini (14/9) Pilih Jual atau Beli?


Reporter: Ika Puspitasari, Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) terus melemah pada pertengahan September 2022 ini. Di tengah tren penurunan tersebut, investor sebaiknya beli atau jual saham GOTO pada perdagangan hari ini, Rabu 14 September 2022?

Harga saham GOTO pada perdagangan Selasa 13 September 2022 ditutup di level 276 turun 2 poin ke level 0,72%. Sepanjang perdagangan 5 hari terakhir, harga saham GOTO terakumulasi turun 6 poin atau 2,13%.

Analis Binaartha Sekuritas, Ivan Rosanova melihat, harga saham GOTO masih berada pada tren bearish dengan pergerakan chart di bawah garis SMA10 dan indikator MACD masih terbuka ke bawah di area negatif. Saat ini GOTO menguji support di 270 yang terbentuk oleh level fibonacci retracement 61.8% dari rally sebelumnya.

Secara teknikal, Ivan rekomendasi speculative buy saham GOTO. "Dengan support Rp 270 dan resistance Rp 286," ujar Ivan.

Sementara itu, Financial Expert Ajaib Sekuritas, M. Julian Fadli, melihat saat ini belum ada sentimen positif yang dapat menjadi booster bagi emiten di sektor teknologi seperti saham GOTO. Kenaikan suku bunga Bank Indonesia juga menjadi salah satu katalis negatif.

Baca Juga: Harga Saham GOTO Terus Melemah, Analis Rekomendasi Beli, Simak Alasannya

Ketidakpastian ekonomi global juga membuat negara cenderung memperketat kebijakan moneternya. "Membuat investor cenderung menghindari saham growth stock, dan beralih pada sektor yang lebih defensif terhadap kenaikan suku bunga," kata Fadli kepada Kontan.co.id, Selasa (13/9). 

Selain itu, kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang bakal mendongkrak inflasi menambah sentimen negatif bagi emiten teknologi. Terutama yang berhubungan langsung dengan konsumen luas. 

Contohnya PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan PT Bukalapak.com Tbk (BUKA). Pasalnya, lonjakan inflasi akan berdampak pada melemahnya daya beli dan dapat menurunkan Gross Merchandise Value (GMV).

Dari segi operasi, inflasi juga akan meningkatkan biaya variabel emiten yang membuat Contribution Margin (CM) tergerus. Ditambah lagi sentimen global dari tingginya tingkat inflasi di sejumlah negara.

"Secara langsung dan tidak langsung, sentimen tersebut akan menekan kinerja keuangan emiten sektor teknologi," imbuh Fadli.

Sebagai pilihan investasi jangka panjang di atas tiga tahun, Fadli menyoroti emiten teknologi punya peluang tumbuh secara kinerja maupun sahamnya. Sejalan dengan ekosistem yang semakin luas dan berbagai inovasi bisnis beserta kerja sama strategis.

Fadli rekomendasi buy on weekness saham GOTO, di area sideways Rp 274 sampai Rp 282.  Target harga GOTO ada pada resistance Rp 340 dengan potensi melanjutkan kenaikan ke level Rp 390. Pertimbangkan cut loss apabila break support di Rp 256.

Itulah rekomendasi saham GOTO untuk perdagangan hari ini, Rabu 14 September 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham GOTO di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×