kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Harga saham emiten bank kecil meningkat pesat, ini rekomendasi analis


Rabu, 21 Agustus 2019 / 07:00 WIB

Harga saham emiten bank kecil meningkat pesat, ini rekomendasi analis

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada perdagangan Senin (19/8), harga sahan emiten bank kecil meningkat pesat. Beberapa di antaranya seperti PT Bank China Construction Bank indonesia Tbk (MCOR), PT Bank Agris Tbk (AGRS), PT Bank Mestika Dharma Tbk (BBMD), dan PT Bank Artos Indonesia Tbk (ARTO). 

Melansir data RTI, pada perdagangan saham kemarin MCOR naik 34,88% atau setara 54 poin ke level Rp 174 per saham; AGRS menguat 20% atau setara 52 poin di level Rp 312 per saham; BBMD naik 360 poin atau 16,07% ke level Rp 2.600 per saham, sedangkan ARTO naik 130 poin atau 24,30% di level Rp 665 per saham.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menjelaskan secara garis besar saham emiten perbankan sebetulnya merupakan saham yang memiliki korelasi positif terhadap perubahan tingkat suku bunga.

Baca Juga: Masih punya potensi, bank dorong kredit UMKM

Nico menyatakan bahwa kabar mengenai The Fed berpotensi memangkas kembali tingkat suku bunga Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu sentimen positif.

Dukungan Presiden The Fed Boston Eric Rosengren terhadap keputusan The Fed yang akan memangkas tingkat suku bunga juga menjadi faktor tambahan. Ditambah lagi, ketika The Fed memangkas tingkat suku bunga mereka maka akan menjadi sinyal positif bagi Bank Indonesia untuk juga menurunkan tingkat suku bunga.

Selain itu, untuk saham-saham emiten bank kecil ini berkaitan dengan fundamental mereka dan beberapa sentimen lain. Tercatat, Bank CCB atau MCOR mencetak laba yang cukup bagus.

MCOR membukukan laba bersih tahun buku 2018 sebesar RP 89,86 miliar. Sementara, kenaikan saham ARTO karena terpengaruh oleh rumor yang katanya akan diakuisisi oleh Bank BCA. "Memang, bank BCA ini masih akan mengincar beberapa bank lagi untuk mereka akuisisi," ujar Nico kepada Kontan pada Selasa (20/8).

Baca Juga: Tren bunga turun, pamor obligasi dan saham meningkat


Reporter: Yasmine Maghfira
Editor: Yoyok

Video Pilihan


Close [X]
×