kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 -1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Saham ANTM Awal Juni 2023 Naik Tinggi, Cek Prospeknya Ke Depan


Selasa, 06 Juni 2023 / 07:25 WIB
Harga Saham ANTM Awal Juni 2023 Naik Tinggi, Cek Prospeknya Ke Depan
ILUSTRASI. Harga Saham ANTM Awal Juni 2023 Naik Tinggi, Cek Prospeknya Ke Depan


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana, Yudho Winarto | Editor: Adi Wikanto

Rekomendasi saham ANTM. Harga saham emiten emas PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) naik tinggi pada perdagangan awal Juni 2023. Dengan kenaikan harga tersebut, apakah saham ANTM memiliki prospek cerah untuk investasi pada periode mendatang?

Harga saham ANTM pada perdagangan Senin 5 Juni 2023 ditutup naik 4,22% ke level Rp 1.975 pada Senin (5/6). Secara akumulasi, harga saham ANTM naik 1,54% dalam sepekan terakhir.

Pada akhir bulan Mei, Analis JP Morgan Benny Kurniawan merekomendasikan, saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). Dalam laporan Bloomberg dijelaskan investor yang mengikuti rekomendasi Benny berhasil mendapatkan return hingga 2,5% dalam setahun.

Untuk diketahui, JP Morgan dalam 23 bulan terakhir memberikan rekomendasi netral dua kali dan satu kali naik. Pada periode netral tersebut, saham ANTM turun 11% namun pada saat direkomendasikan naik hingga 13%.

Bukan cuma JP Morgan yang merekomendasikan ANTM, Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus mengatakan, positif dengan ANTM.

"Kami merekomendasikan buy (saham ANTM) di 2750, salah satu alasannya adalah keunggulan ANTM terkait EV battery," jelas Nico kepada media Senin (5/6).

Baca Juga: Harga Emas Diprediksi Tetap Kuat, Analis Jagokan Saham ANTM, BRMS hingga HRTA

Pada awal tahun, Pilarmas Investindo Sekuritas memprediksi kinerja baik ANTM tahun ini. Pilarmas memandang ANTM memperlambat realisasi proyek dari kedua proyeknya demi kehati-hatian di tengah-tengah ekonomi makro yang menantang.

"Namun dengan begitu, kami melihat bahwa hal itu berpotensi meningkatkan kinerja ANTM beradaptasi dengan pergantian kondisi makro. Secara substansial, ANTM akan lebih fokus untuk mengembangkan dalam negeri cakupan pasar pada segmen emas menyusul meningkatnya kesadaran masyarakat di emas sebagai instrumen safe haven, memperluas pasar ekspor produk feronikel serta mengembangkan basis pelanggan di pasar domestik menindaklanjuti rencana kebijakan pemerintah larangan ekspor bauksit 1H-2023, serta membangun fokus pada Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR)," jelas Nico.

Selain itu, prospek positif pada komoditas nikel dan EV battery yang menjadi sorotan diproyeksikan akan lebih masif dalam jangka menengah hingga panjang.

Director Kiwoom Sekuritas Indonesia Chang-kun Shin mengungkapkan, tetap merekomendasikan saham ANTM sejak awal tahun. Menurutnya, investor bisa mengumpulkan saham ANTM secara bertahap. "Salah satu penyebabnya karena memang komoditas naik cukup signifikan sejak 2020," jelas Shin.

Meski begitu, Shin mengingatkan untuk tetap berhati-hati dengan ekonomi global tahun ini yang bisa saja menggangu kenaikan harga saham.

Serupa dengan Pilarmas, BRI Danareksa Sekuritas juga menyebut harga saham ANTM kuat sejak awal tahun dengan proyeksi hingga akhir tahun Rp 3.500. Analis BRI Danareksa, Hasan Barakwan menyebutkan hal ini disebabkan kinerja keuangan Antam yang solid pada kuartal I 2023.

"Berdasarkan konsensus kami, pendapatan ANTM diprediksi naik hingga 49% pada akhir tahun setara pendapatan Rp 5,7 triliun," jelas Hasan.

Analis RHB Sekuritas Indonesia, Muhammad Wafi menganalisa, harga saham ANTM terlihat melakukan rebound dan breakout resistance garis MA5 disertai volume untuk menguji resistance garis MA20 sekaligus resistance bearish channel. Jika mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi sinyal reversal dari fase bearish.

Wafi rekomendasi buy saham ANTM di area Rp 1.935 dengan target harga di Rp 2.040 hingga Rp 2.130. "Cut loss di Rp 1.895," saran Wafi.

Itulah rekomendasi saham ANTM untuk perdagangan hari ini, Selasa 6 Juni 2023. Ingat, segala risiko investasi atas rekomendasi saham ANTM di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×