kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,97   -24,76   -2.67%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga platinum diramal naik lagi pada tahun ini


Jumat, 03 Januari 2020 / 17:57 WIB
Harga platinum diramal naik lagi pada tahun ini


Reporter: Muhammad Kusuma | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platinum mengalami tren positif peningkatan harga sepanjang tahun 2019. Platinum spot mencatatkan harga tertinggi selama satu tahun pada 4 September di level US$ 986,38 per ons troi.

Harga platinum spot naik di akhir tahun jika dibandingkan dengan awal tahun. Hingga akhir tahun harga platinum naik 21,48% menjadi US$ 966,58 per ons troi.

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, harga platinum terus menguat karena permintaan pasar. Permintaan pasar terhadap platinum meningkat seiring dicanangkannya program produksi massal mobil listrik tahun lalu.

Baca Juga: Terus rekor, harga paladium berpeluang melejit hingga US$ 3.000

Platinum merupakan bahan dasar dari mobil listrik. “Hampir semua negara akan mengubah (otomotif) dari menggunakan BBM menjadi listrik,” tutur Ibrahim kepada Kontan.co.id.

Permintaan yang tinggi terhadap platinum tidak diimbangi oleh pasokan yang mencukupi sehingga menyebabkan tren harga platinum terus meningkat. Program produksi mobil listrik massal berhasil menangkal isu perang dagang sehingga harga platinum tetap stabil cenderung menguat.

Padahal, isu perang dagang berdampak pada melambatnya perekonomian global serta tergerusnya harga komoditi. “Mobil listrik massal di tahun 2019 membuat harga platinum menguat walaupun ada perang dagang AS-China,” tambahnya.

Baca Juga: Harga logam industri masih dibayangi sentimen perang dagang sepanjang kuartal ketiga

Ibrahim memprediksi harga platinum tahun ini akan semakin membaik. Selain karena masih berjalannya program mobil listrik, kesepakatan dagang antara AS dan China serta terselesaikannya isu Brexit di Januari dapat menjadi sentimen positif untuk harga platinum. “(Brexit) akan memberikan optimisme pada perdagangan global,” jelas Ibrahim.

Meskipun ada kemungkinan untuk terkoreksi di tahun depan, Ibrahim optimistis harga platinum tidak akan terkoreksi terlalu besar. Sebagai catatan, koreksi akan terjadi
apabila ternyata AS dan China gagal mencapai kesepakatan dalam perdamaian perdagangan.

Ibrahim juga memproyeksikan platinum kemungkinan besar dapat menyentuh US$ 1.200 per ons troi pada level tertinggi tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×