kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Paladium Perpanjang Kenaikannya, Emas Turun karena Dolar Menguat


Rabu, 02 Maret 2022 / 15:49 WIB
Harga Paladium Perpanjang Kenaikannya, Emas Turun karena Dolar Menguat
ILUSTRASI. Paladium


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga paladium naik pada hari Rabu (2/3), memperpanjang kenaikan setelah mencapai puncak tujuh bulan pada sesi sebelumnya karena krisis Rusia-Ukraina memburuk. Sementara harga emas turun setelah dolar menguat.

Melansir Reuters, harga paladium melonjak 3% menjadi US$2.656,74 pada 0803 GMT. Rusia menyumbang 40% dari produksi paladium secara global.

"Jenis kekurangan atau lonjakan harga yang kami lihat pada kendaraan di sekitar rantai pasokan dan gangguan pengiriman, tidak mengherankan bahwa paladium sudah naik lebih tinggi," kata Ilya Spivak, analis mata uang di DailyFX.

Perang dan sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat ke Rusia secara signifikan memotong akses ke pasokan paladium Rusia, kata Spivak.

"Ada premi risiko dan elemen gangguan pasokan yang diperhitungkan di sini."

Kota-kota terkepung Ukraina bersiap untuk serangan lebih lanjut pada hari Rabu, ketika komandan Rusia menghadapi perlawanan sengit Ukraina mengintensifkan pemboman mereka di daerah perkotaan menuju ibukota Kyiv.

Baca Juga: Cek Harga Emas Siang Ini di Pegadaian, Rabu 2 Maret 2022

Sementara itu, harga emas spot turun 0,2% pada US$1.940,26 per ons troi. Harga emas berjangka AS naik 0,3% menjadi US$1.949,40.

Indeks dolar naik menyentuh level tertinggi baru 20 bulan, membuat emas kurang menarik bagi pemegang mata uang lainnya. Investor sekarang menunggu kesaksian Ketua Federal Reserve Jerome Powell di hadapan Kongres AS untuk kejelasan lebih lanjut tentang kenaikan suku bunga.

"Jika kita mengetahui pada pertengahan bulan bahwa dari perspektif The Fed, situasi saat ini tidak akan mengubah strategi keseluruhan mereka, bahwa mereka masih fokus untuk menahan inflasi - Anda akan melihat emas turun kembali lebih rendah secara signifikan," tambah Spivak.

Kepemilikan dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas terbesar di dunia, SPDR Gold Trust, naik menjadi 1.042,38 ton pada hari Selasa - tertinggi sejak Juli 2021. Di tempat lain, harga perak spot turun 0,8% menjadi US$25,16 per ons troi dan platinum naik 0,4% menjadi US$1.057,94.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×