kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Naik Sebulan Terakhir, Begini Rekomendasi Saham HMSP dan GGRM


Rabu, 26 Oktober 2022 / 20:31 WIB
Harga Naik Sebulan Terakhir, Begini Rekomendasi Saham HMSP dan GGRM
ILUSTRASI. Harga saham PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) dan PT Gudang Garam Tbk (GGRM) mulai menanjak.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga saham PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) dan PT Gudang Garam Tbk (GGRM) mulai menanjak. Sebulan terakhir, kedua saham emiten rokok ini berada di zona hijau.

Harga saham HMSP tercatat sudah naik 9,24% dan GGRM naik 2,46% dalam sebulan terakhir. Adapun pada Rabu (26/10), harga saham HMSP kembali ditutup menguat menguat 4,15% ke Rp 1.005 dan GGRM juga menguat 3,73% ke Rp 25.000.

Adapun harga kedua saham tersebut bahkan telah melewati target harga yang telah dipatok beberapa analis. Contohnya, BRI Danareksa Sekuritas menyematkan target harga Rp 990 untuk HMSP dan Rp 20.500 per saham untuk GGRM.

Baca Juga: IHSG Melemah 0,06% Pada Rabu (26/10), BBNI, ICBP, UNTR Paling Banyak Net Buy Asing

Jika menilik pada laporan kinerja keuangan semester pertama 2022, kinerja kedua emiten tersebut masih tertekan, khususnya pada bottom line. Laba bersih HMSP turun 26,39% secara tahunan atau year on year (YoY) menjadi Rp 3,04 triliun dan GGRM laba bersihnya turun 59,37% YoY menjadi Rp 956,14 miliar.

Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas Cheril Tanuwijaya menilai, kenaikan harga saham kedua emiten rokok ini lantaran mereka tergolong sektor konsumen primer. Menurut Cheril, sektor ini masih bisa bertumbuh meski inflasi meningkat. 

Selain itu di antara saham konsumen primer, saham-saham rokok yang secara tahunan masih tertekan dan valuasinya murah. "Kalau dilihat histori valuasi lima tahun terakhir HMSP & GGRM masih di bawah rata-rata PER," ujar dia kepada Kontan.co.id, Rabu (26/10).

Baca Juga: Harga Saham Konsumer Ini Naik Tinggi, Masih Layak Dikoleksi Atau Harus Jual?

Cheril pun memperkirakan masih ada ruang kedua saham tersebut untuk naik. Menurut dia, potensi kenaikan kedua saham tersebut hingga 10% mengingat mobilitas masyarakat yang meningkat sehingga bisa meningkatkan konsumsi rokok juga. Karenanya, Cheril merekomendasikan buy saham HMSP dan GGRM.

Analis Phillip Sekuritas Joshua Marcius juga berpendapat kedua saham tersebut masih berpotensi naik. Dia menyebut, secara teknikal HMSP telah menembus area resistance classic dengan membentuk candle marubozu bullish. Sehingga HMSP berpeluang untuk melanjutkan penguatan ke area resistance Rp 1.045 selama bergerak di atas area support Rp 940 per saham.

"Rekomendasi yang dapat dipertimbangkan adalah buy on weakness," kata Joshua.

Lalu, saham GGRM sedang membentuk pola double bottom dan sudah menembus neckline. Sehingga saham GGRM berpeluang untuk bergerak menguat ke area resistance Rp 27.200 selama bergerak di atas area support Rp 22.700 per saham.

"Rekomendasi yang dapat dipertimbangkan adalah buy," pungkas Joshua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×