kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak naik tipis, disokong persediaan minyak AS yang turun 6,8 juta barel


Rabu, 29 Juli 2020 / 14:25 WIB
Harga minyak naik tipis, disokong persediaan minyak AS yang turun 6,8 juta barel
ILUSTRASI. Harga minyak naik tipis


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Harga minyak mentah stabil di awal perdagangan hari ini. Sentimen utama datang setelah laporan dari American Petroleum Institute (API) yang menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah di Amerika Serikat (AS) turun. Hal tersebut memberikan angin segar kepada pasar yang sedang dilanda kekhawatiran akibat lonjakan kasus virus corona.

Rabu (29/7) pukul 14.00 WIB, harga minyak mentah jenis Brent kontrak pengiriman September 2020 naik 18 sen, atau 0,4%, menjadi US$ 43,40 per barel. Di sesi sebelumnya, Brent turun 0,4%.

Setali tiga uang, harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) naik 12 sen ATAU 0,3% ke US$ 41,16 per barel. Padahal di hari sebelumnya, harga minyak WTI anjlok 1,4%. 

Baca Juga: Berbalik arah, harga emas spot menguat ke US$ 1.959 per ons troi

Seperti diketahui, kemarin API merilis data persediaan minyak mentah di AS yang turun 6,8 juta barel menjadi 531 juta barel di pekan lalu.

Angka tersebut jauh lebih baik dari proyeksi para analis yang memperkirakan persediaan minyak AS naik 357.000 barel di pekan yang berakhir pada 24 Juli lalu. Kini pelaku pasar juga menanti data pemerintah Negeri Paman Sam yang akan rilis pada hari ini. 

"Untuk sementara waktu hal ini dapat meredakan beberapa kekhawatiran tentang tekanan permintaan yang berkelanjutan," kata Stephen Innes, Chief Global Markets Strategist AxiCorp dalam sebuah catatan.

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda membuat kekhawatiran tentang turunnya permintaan bahan bakar. Hal ini menyebabkan pasar akan kembali kelebihan pasokan karena rekor jumlah infeksi dilaporkan secara global, termasuk AS, konsumen minyak terbesar di dunia kembali cetak rekor.

Terbaru, empat negara bagian AS melaporkan rekor satu hari untuk kematian akibat virus korona pada hari Selasa. Bahkan, kini kasus positif virus corona di Texas sudah melewati angka 400.000.

Baca Juga: Corona di AS: Rekor lagi, tambahan kematian akibat corona dalam sehari capai 1.300

Upaya untuk memberikan pertolongan di tengah wabah itu berantakan karena Partai Republik tidak setuju atas rencana mereka sendiri untuk menyediakan stimulus sebesar US$ 1 triliun dalam bantuan untuk mengerek ekonomi yang terdampak virus corona. 

Di Hong Kong, pemerintah memperingkatkan masyarakat yang berada di pinggiran kota untuk lebih banyak tinggal di dalam rumah guna menghadang penyebaran virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×