kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak mentah naik dengan dukungan harapan terhadap vaksin Covid-19


Selasa, 21 Juli 2020 / 06:29 WIB
Harga minyak mentah naik dengan dukungan harapan terhadap vaksin Covid-19
ILUSTRASI. 3D printed oil barrels and percentage symbols are seen in front of dollar banknotes in this illustration taken May 25, 2020. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak naik tipis pada hari Senin (20/7) karena meningkatnya kasus virus corona di banyak negara. Meskipun banyak pengumuman tentang potensi vaksin Covid-19 dan pembicaraan berkelanjutan mengenai dana Uni Eropa untuk menghidupkan kembali ekonomi yang dihantam oleh pandemi.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent naik 15 sen atau 0,35% pada US$ 43,29 per barel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 22 sen atau 0,54%, menjadi menetap di US$ 40,81 per barel.

"Seperti yang terjadi, harga tidak mungkin untuk menghasilkan keuntungan yang cukup besar, sampai sinyal bahwa pandemi melambat," kata kepala pasar minyak Rystad Energy Bjornar Tonhaugen.

Baca Juga: Harga minyak mentah melemah, Brent dan WTI sama-sama terkoreksi 0,8%

"Meskipun di Eropa virus telah terpojok, Amerika dan beberapa negara Asia masih memiliki jalan panjang."

Lebih dari 14,5 juta orang telah terinfeksi oleh corona secara global dan lebih dari 604.000 telah meninggal karena Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh patogen, menurut penghitungan Reuters.

Harga minyak mendapat dukungan setelah tiga kelompok mengatakan potensi vaksin mereka menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Uji coba vaksin corona yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford Inggris aman dan menghasilkan respons kekebalan dalam uji klinis tahap awal, data menunjukkan, dengan harapan bisa digunakan pada akhir tahun.

Lebih dari 150 kemungkinan vaksin dalam berbagai tahap pengembangan produsen obat AS. CanSino Biologics China juga melaporkan tanggapan positif untuk kandidat vaksinnya pada hari Senin.

Investor juga menanti kabar dari KTT Uni Eropa untuk isyarat perdagangan, para pemimpin menunjukkan tanda-tanda awal kompromi untuk mengukir usulan dana pemulihan 750 miliar euro (US$ 858,3 miliar) untuk menghidupkan kembali ekonomi.

Baca Juga: Harga emas spot bergerak tipis ke US$ 1.809 per ons troi berkat lonjakan kasus corona

"Selama beberapa minggu terakhir, harga minyak mentah sebenarnya tidak seperti biasanya tenang, menunjukkan langkah yang berpotensi tajam bisa segera terjadi," kata Fawad Razaqzada, analis pasar ThinkMarkets.

“Jika pemulihan dalam permintaan ternyata lebih cepat dan lebih kuat dari yang diharapkan, surplus pasokan dapat berkurang dengan cepat mengingat pembatasan pasokan yang sedang berlangsung oleh kelompok OPEC +. Ini harus berarti harga minyak lebih tinggi, semuanya sama. ”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×