kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,59   7,24   0.78%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Jatuh, Brent ke US$79,06 dan WTI ke US$74,02


Rabu, 04 Januari 2023 / 22:36 WIB
Harga Minyak Mentah Jatuh, Brent ke US$79,06 dan WTI ke US$74,02
ILUSTRASI. Kilang minyak mentah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak mentah turun tajam pada hari Rabu (4/1), setelah merosot pada sesi sebelumnya. Harga minyak terbebani oleh kekhawatiran permintaan yang berasal dari keadaan ekonomi global dan meningkatnya kasus Covid-19 di China.

Melansir Reuters, harga minyak Brent turun US$3,04 menjadi US$79,06 per barel untuk kerugian 3,7% pada 1452 GMT. Sedangkan, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun US$2,91 atau 3,8% menjadi US$74,02.

Kedua tolok ukur harga minyak mentah itu anjlok lebih dari 4% pada hari Selasa, dengan Brent mengalami penurunan satu hari terbesar dalam lebih dari tiga bulan.

"Kekhawatiran tentang keadaan ekonomi global berada di depan dan pusat pikiran para pedagang dan akan tetap demikian di masa mendatang," kata analis PVM Oil Stephen Brennock.

Baca Juga: Penurunan Harga BBM Diharapkan Dorong Pertamina Jadi World Class Energy Company

Pemerintah China juga meningkatkan kuota ekspor untuk produk minyak sulingan pada gelombang pertama untuk tahun 2023, menandakan ekspektasi permintaan domestik yang buruk.

Eksportir minyak utama Arab Saudi dapat memangkas harga minyak mentah kelas Arab Light unggulannya ke Asia pada bulan Februari, setelah ditetapkan pada level terendah 10 bulan untuk bulan ini. Dipicu oleh kekhawatiran tentang kelebihan pasokan terus membayangi pasar.

Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan bahwa sebagian besar ekonomi global akan menghadapi tahun yang sulit pada tahun 2023 karena mesin utama pertumbuhan global - Amerika Serikat, Eropa, dan China - semuanya mengalami aktivitas yang melemah.

Kebijakan moneter juga menjadi fokus, dengan Federal Reserve AS telah menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin (bps) pada bulan Desember setelah empat kenaikan berturut-turut masing-masing sebesar 75 bps.

Jika The Fed mengintensifkan kenaikan suku bunga, hal itu dapat memperlambat ekonomi dan menghambat konsumsi bahan bakar.

Produksi minyak OPEC naik pada bulan Desember, sebuah survei Reuters menemukan pada hari Rabu, meskipun ada kesepakatan oleh aliansi OPEC+ yang lebih luas untuk memangkas target produksi untuk mendukung pasar.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) memompa 29 juta barel per hari (bpd) bulan lalu, survei menemukan, naik 120.000 bpd dari November.

Adapun sentimen yang mendukung minyak, dolar melemah pada hari Rabu setelah membukukan keuntungan besar di sesi sebelumnya.

Baca Juga: Beberapa Asumsi Makro Meleset di 2022, Mulai Inflasi Hingga Nilai Tukar Rupiah

Dolar yang lebih lemah biasanya meningkatkan permintaan minyak karena komoditas berdenominasi dolar menjadi lebih murah bagi pembeli yang memegang mata uang lain.

Stok minyak mentah WTI kemungkinan akan meningkat sebesar 2,2 juta barel, dengan persediaan sulingan diperkirakan akan turun, jajak pendapat Reuters awal menunjukkan pada hari Senin.

Kelompok industri American Petroleum Institute akan merilis data persediaan minyak mentah AS pada pukul 16.30. EDT (2030 GMT) pada hari Rabu.

Administrasi Informasi Energi akan merilis angkanya pada pukul 10.30 pagi (1430 GMT) pada hari Kamis.

Bank UBS memperkirakan harga Brent naik menjadi US$110 per barel dan WTI naik menjadi US$107 pada tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×