kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak dan Batubara Meroket, Saham-Saham Berikut Menarik Untuk Dilirik


Jumat, 04 Maret 2022 / 08:51 WIB
Harga Minyak dan Batubara Meroket, Saham-Saham Berikut Menarik Untuk Dilirik
ILUSTRASI. Harga saham emiten-emiten komoditas minyak dan batubara kembali menguat.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Konflik Rusia dan Ukraina mengangkat harga komoditas dunia meroket tajam. Lihat saja, harga batubara di pasar ICE Newcastle (Australia) sudah menembus rekor US$ 400 per ton. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) sudah menyundul level US$ 113,37 per barel.

Analis Fundamental B-Trade Raditya Krisna Pradana menyebutkan bahwa rantai pasokan komoditas dunia dalam beberapa waktu belakangan ini tersandung konflik Rusia-Ukraina. Imbasnya, harga sejumlah komoditas melonjak signifikan.

Di sisi lain, peningkatan harga komoditas menjadi katalis positif bagi emiten-emiten yang bergelut di bisnis ini. Terlebih, selama ketegangan Rusia-Ukraina masih belum mencapai titik temu, maka harga komoditas diperkirakan masih akan melambung. 

Baca Juga: Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham dari MNC Sekuritas untuk Jumat (4/3)

"Kami menilai emiten-emiten komoditas minyak dan batubara kembali mengalami penguatan, efek dari kenaikan yang signifikan pada harga minyak dan batubara Newcastle," kata Raditya kepada Kontan.co.id, Kamis (3/3).

Technical Analyst Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova juga melihat bahwa lonjakan harga minyak mentah dan batubara kemungkinkan besar akan memicu aksi beli yang cukup tinggi pada saham-saham sektor komoditas dan energi di perdagangan hari ini.

Mengingat konflik Rusia-Ukraina masih berlanjut, maka permintaan batubara sebagai alternatif dari gas alam sebagai pemenuh kebutuhan pembangkit listrik akan tetap tinggi. "Tentu meroketnya harga batubara ini baru bisa mulai mereda salah satunya dengan adanya kesepakatan damai dalam konflik Rusia-Ukraina," ungkap Ivan.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Saham Dari Panin Sekuritas Untuk Trading Jumat (4/3)

Dia pun merekomendasikan hold untuk saham PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dengan target harga Rp 3.800 per saham, PT Indika Energy Tbk (INDY) dengan target harga Rp 3.200 per saham, dan PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) dengan target harga Rp 3.100 per saham.

Sedangkan untuk emiten minyak dan gas (migas), Ivan menilai secara teknikal masih konsolidasi. Di sektor ini, dia merekomendasikan buy pada saham PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) dengan target harga Rp 750 per saham dan PT Elnusa Tbk (ELSA) dengan target harga Rp 380 per saham.

Sementara itu, Raditya menjagokan saham ELSA dengan target harga Rp 450 per saham, MEDC di level Rp 800 per saham, ADRO pada target harga Rp 3.000 per saham, dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) dengan target harga Rp 1.550 per saham. Terhadap keempat saham tersebut Raditya merekomendasikan buy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×