kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45937,84   -25,89   -2.69%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak anjlok bisa untungkan Mitrabahtera Segara (MBSS), tapi…


Selasa, 21 April 2020 / 19:29 WIB
Harga minyak anjlok bisa untungkan Mitrabahtera Segara (MBSS), tapi…
ILUSTRASI. RUPST PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS)


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebaran virus Corona (Covid-19) membuat harga minyak dunia semakin merana. Bahkan, pada perdagangan Senin (20/4), harga minyak dunia jenis West Texas Intermediate (WTI) menyentuh harga minyak terendah sepanjang sejarah. Kemarin, harga minyak untuk pengiriman Mei anjlok ke level US$ -37,63 per barel.

Turunnya harga minyak ini menguntungkan emiten yang membutuhkan minyak untuk kegiatan operasional utama, salah satunya adalah PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS).

Direktur Mitrabahtera Segara Sejati Burhan Sutanto mengatakan, secara umum akan ada sedikit dampak positif dari penurunan harga minyak dunia saat ini. Namun, sebagian besar keuntungan tersebut akan dinetralisir oleh klausul rise dan fall adjustment di beberapa kontrak.

Baca Juga: Semester I, laba bersih MBSS tumbuh 34%

Asal tahu saja, MBSS menerapkan klausul rise and fall adjustment untuk mengatasi fluktuasi harga minyak dunia yang menjadi salah satu komponen biaya operasional.

“Secara umum akan ada sedikit dampak positif dan sebagian besar akan dinetralisir oleh klausul rise and fall adjustment di beberapa kontrak,” ujar Burhan saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (21/4).

Tahun lalu, MBSS menanggung beban bahan bakar senilai US$ 11,07 juta atau 18,63% dari total beban langsung per 31 Desember 2019.

Burhan melanjutkan, di tengah gejolak harga minyak mentah saat ini, pihaknya masih memantau pergerakan harga minyak dan dampaknya terhadap ekonomi ke depan. Namun demikian, Burhan menegaskan MBSS belum berencana untuk mengubah target bisnis untuk tahun ini.

Asal tahu, MBSS memasang target pertumbuhan pendapatan sebesar 10% untuk tahun ini. Sebagai gambaran, pada tahun lalu anak usaha PT Indika Energy Tbk (INDY) ini mengantongi pendapatan US$ 77,8 juta, naik tipis 3,59% dari pendapatan tahun sebelumnya US$ 75,1 juta.

Baca Juga: Pendapatan Mitrabahtera tumbuh positif pada 2017

MBSS juga berhasil meraup laba bersih yang dapat diatribusikan pada pemilik entitas induk sebesar US$ 1,6 juta. Hal ini berubah 180 derajat sebab pada 2018 emiten pelayaran ini masih menanggung rugi US$ 27,1 juta.

“Saat ini kami belum membuat perubahan target,” tutup Burhan.

Untuk meningkatkan kinerja, MBSS akan melakukan efisiensi dalam mengoperasikan armada serta mengoptimalkan kinerja melalui peningkatan okupansi armada yang dimiliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×