kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Harga karya lukisan tengah turun, bisa jadi pintu masuk untuk mulai investasi


Jumat, 03 April 2020 / 20:30 WIB
Harga karya lukisan tengah turun, bisa jadi pintu masuk untuk mulai investasi
ILUSTRASI. Ilustrasi lukisan

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi virus corona pada akhirnya menjalar ke seluruh elemen ekonomi, bahkan investasi eksotis pun juga turut terkena dampaknya. Setelah sebelumnya harga berlian mengalami penurunan, nyatanya investasi eksotis lainnya, yakni lukisan juga terkena dampak serupa.

Hal tersebut diungkapkan oleh Amir Sidharta selaku Pengelola Balai Lelang Sidharta Auctioneer. Amir menyebut harga lukisan ikut terdampak setelah pandemi corona memberi pukulan telak terhadap dunia perekonomian.

Baca Juga: Pandemi virus corona turut menekan minat terhadap investasi lukisan

“Selain itu, imbas corona sekarang mengakses karya lukisan pun menjadi sulit. Ini buat lihat lukisannya saja tidak bisa, jelas berpengaruh terhadap dunia investasi lukisan,” ungkap Amir ketika dihubungi Kontan.co.id, Jumat (3/4).

Amir menambahkan, persebaran virus corona turut mempengaruhi penjualan lukisan dari para seniman. Hal ini dikarenakan beberapa seniman pada akhirnya menahan karya mereka terlebih dahulu. Meski Amir tak menampik ada beberapa seniman yang tetap mengeluarkan karya dan hal tersebut dinilai Amir sebagai kesempatan yang paling baik untuk dimanfaatkan.

“Sebaiknya manfaatkanlah kesempatan baik itu. Pilihlah karya yang paling bagus, menurut diri masing-masing pada saat ini,” saran Amir.

Baca Juga: Waduh, lukisan Van Gogh dicuri dari museum Belanda saat ditutup karena wabah corona

Dengan kondisi harga yang relatif turun, Amir menyebut mendapatkan lukisan dengan kualitas bagus tentunya secara investasi bisa dibilang menguntungkan. Terlebih jika pada kemudian hari, karya tersebut menjadi semakin langka. Harga lukisan bisa akan semakin mahal.

“Selain itu, semakin lama karya seorang pelukis berada di koleksi-koleksi besar, yang membuat keluarnya lukisan tersebut semakin terbatas, maka karya pelukis tersebut akan jadi lebih mahal,” pungkas Amir

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×