CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,33   10,53   1.04%
  • EMAS995.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Harga Emas Turun Tiga Pekan Beruntun


Sabtu, 02 Juli 2022 / 21:46 WIB
Harga Emas Turun Tiga Pekan Beruntun
ILUSTRASI. Harga emas spot mengakumulasi penurunan 3,21% dalam tiga pekan.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas turun lagi pekan ini dan mencatat penurunan tiga minggu berturut-turut. Harga emas tertekan penguatan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS). 

Kenaikan suku bunga yang menjulang memperburuk selera untuk aset yang tidak menghasilkan. Kenaikan pajak impor India pada emas batangan juga mengurangi prospek permintaan. 

Jumat (1/7), harga emas kontrak Agustus 2022 di Commodity Exchange turun 1,57% sepekan menjadi US$ 1.801,50 per ons troi. Sedangkan harga emas spot melemah 0,84% sepekan ke US$ 1.811,43 per ons troi. 

Baca Juga: Harga Minyak Naik Melonjak Karena Pasokan yang Seret Melebihi Kekhawatiran Resesi

Harga emas berjangka mengakumulasi penurunan 3,94% dalam tiga pekan. Sedangkan harga emas spot mengakumulasi penurunan 3,21% dalam tiga pekan.

"Dolar adalah faktor terbesar yang menekan emas, dengan gambaran yang lebih besar adalah kenaikan suku bunga," kata Chris Gaffney, presiden pasar dunia di TIAA Bank kepada Reuters

Investor juga tampaknya lebih memilih safe haven dolar ketimbang safe haven emas di tengah meningkatnya kekhawatiran resesi. Penguatan dolar AS juga membuat emas lebih mahal bagi pembeli dengan mata uang lain. 

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini (Sabtu 2 Juli 2022) Antam dan UBS di Pegadaian

Kebijakan moneter hawkish dari bank sentral terkemuka telah mendorong emas, yang tidak memberikan bunga ke kuartal terburuk dalam lebih dari setahun. Sementara itu, India, konsumen emas batangan terbesar kedua di dunia, menaikkan bea masuk dasar emas menjadi 12,5% dari 7,5% untuk menurunkan defisit perdagangan. 

Ajay Kedia, direktur Kedia Commodities di Mumbai mengatakan, kebijakan terbaru India akan segera mempengaruhi permintaan meskipun kuartal ketiga biasanya terdapat pembelian fisik yang kuat di tengah festival. Diler emas fisik di India menawarkan diskon besar minggu ini karena permintaan tetap lemah dengan kenaikan pajak kemungkinan akan melemahkan minat lebih lanjut. 

Beberapa pelanggan ritel AS juga mengencangkan ikat pinggang, mempertanyakan prospek pertumbuhan dan inflasi umum. Inflasi zona euro mencapai rekor tertinggi pada bulan Juni, memperkuat potensi kenaikan suku bunga ECB yang cepat mulai bulan ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×