kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas terkoreksi, terseret sinyal tapering off The Fed


Kamis, 23 September 2021 / 07:25 WIB
Harga emas terkoreksi, terseret sinyal tapering off The Fed
ILUSTRASI. Harga emas turun. REUTERS/Ilya Naymushin


Reporter: Herlina KD | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas terkoreksi pada perdagangan Kamis (23/9) pagi. Pukul 07.10 WIB, harga emas untuk pengiriman Desember 2021 di Commodity Exchange ada di US$ 1.767,50 per ons troi, turun 0,63% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 1.778,80 per ons troi.

Penurunan harga emas dipicu oleh rebound dolar setelah Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan bank sentral dapat mulai mengurangi pembelian aset segera setelah Novemer dan menyelesaikan prosesnya pada pertengahan 2022.

"Meskipun reaksi awal, pertemuan itu pasti memiliki kecenderungan hawkish secara umum, dari kenaikan titik hingga saran bahwa pengurangan dapat diumumkan pada pertemuan berikutnya, semua ini telah menyeret emas turun,"kata Ryan McKay, ahli strategi komoditas TD Securities seperti dikutip Bloomberg.

Emas telah kehilangan lebih dari 6% tahun ini karena bank sentral merencanakan arah pemotongan stimulus moneter yang belum pernah terjadi sebelumnya yang diluncurkan untuk menyelamatkan ekonomi dari dampak pandemi.

Mengutip Reuters, dalam konferensi pers laporan terbaru bank sentral, Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan, penarikan pembelian obligasi bulanan senilai US$ 120 miliar oleh bank sentral dapat dimulai setelah pertemuan kebijakan 2-3 November selama pertumbuhan pekerjaan AS hingga September cukup kuat. 

Laporan nonfarm payrolls AS untuk bulan September akan dirilis pada awal Oktober, laporan terakhir sebelum pembuat kebijakan Fed berkumpul lagi pada bulan November.

"Tidak perlu pukulan atau laporan ketenagakerjaan yang sangat kuat," untuk memulai program pembelian obligasi, dengan proses yang diperkirakan akan berakhir pada pertengahan tahun depan," kata Powell.

Selanjutnya: Harga emas siang ini di Pegadaian, Rabu 22 September 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×