kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas stabil jelang pertemuan The Fed, paladium perpanjang rekornya


Selasa, 27 April 2021 / 05:33 WIB
Harga emas stabil jelang pertemuan The Fed, paladium perpanjang rekornya
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas stabil dalam kisaran yang relatif ketat pada hari Senin (26/4). Investor menunggu isyarat kebijakan dari pertemuan Federal Reserve (FOMC) pekan ini dan paladium yang mengalami defisit mencapai rekor tertinggi.

Melansir Reuters, harga emas spot naik 0,1% menjadi US$ 1.778,50 per ons troi, setelah mencapai level terendah satu minggu di US$ 1.768,15. Sedangkan, harga emas berjangka AS ditutup 0,13% lebih tinggi pada US$ 1.780,1.

"Pasar (emas) hanya ingin melewati FOMC untuk melihat apa yang mereka katakan tentang inflasi sebelum benar-benar bergerak ke arah mana pun," kata Bob Haberkorn, senior market strategist di RJO Futures.

Baca Juga: Tengah siang, harga emas spot masih bergerak naik di US$ 1.782,59 per ons troi

Pedagang juga akan fokus pada prospek jangka panjang bank sentral AS tentang suku bunga dan "rencana tindakan mereka pada suku bunga jangka pendek," tambah Haberkorn.

Pertemuan Fed dua hari dijadwalkan akan dimulai pada hari Selasa, dengan perhatian investor terfokus terutama pada apa yang akan dikatakan Gubernur Fed Jerome Powell dalam konferensi pers pasca pertemuan pada hari Rabu. Dolar dan imbal hasil US Treasury stabil.

Bullion telah turun sekitar 6% sepanjang tahun ini, sebagian besar tertekan oleh kenaikan imbal hasil US Treasury.

"Penembusan di atas level US$ 1.800, bagaimanapun, mungkin memerlukan imbal hasil tenor 10 tahun untuk diperdagangkan di bawah 1,55%," kata analis di OCBC dalam sebuah catatan.

Sementara itu, paladium memperpanjang rekornya, naik 1,8% menjadi US$ 2.906,03 per ons troi setelah sebelumnya mencapai level tertinggi sepanjang masa di $ 2.941.

Logam, yang digunakan dalam katalis pengurang emisi di mobil, telah meningkat sekitar 19% sepanjang tahun ini.

Baca Juga: Harga emas Antam berada di level Rp 933.000 per gram pada Senin (26/4)

"Harga (paladium) menemukan penarik dari prospek defisit pasokan baru," kata analis Commerzbank dalam sebuah catatan.

"Ini (harga yang lebih tinggi) adalah hasil dari permintaan yang kuat dari industri otomotif karena peraturan emisi yang lebih ketat untuk mobil dengan mesin pembakaran ditambah dengan berkurangnya pasokan."

Di tempat lain, harga perak naik 0,5% menjadi $ 26,13 per ons troi dan platinum naik tipis 0,2% menjadi US$ 1.232,12.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×