kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Menuju Penurunan Mingguan, Terseret Prospek Suku Bunga The Fed


Jumat, 18 November 2022 / 23:04 WIB
Harga Emas Spot Menuju Penurunan Mingguan, Terseret Prospek Suku Bunga The Fed
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas turun dan menuju penurunan mingguan pada hari Jumat (18/11). Menyusul indikasi dari petinggi Federal Reserve bahwa lebih banyak kenaikan suku bunga karena bank berusaha untuk menurunkan inflasi.

Melansir Reuters, harga emas spot turun 0,3% menjadi US$1.755,15 per ons troi pada 10:30 ET (1530 GMT), ditetapkan untuk penurunan mingguan sekitar 0,8%, terbesar sejak pertengahan Oktober.

Sementara,, harga emas berjangka AS juga turun 0,3% menjadi US$1.757,40.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini Turun Seceng, Hore Selisih dengan Buyback Susut Lagi!

“Sedikit mundurnya emas setelah reli baru-baru ini melalui retracement teknis di pasar emas,” kata David Meger, direktur perdagangan logam di High Ridge Future.

Meger menambahkan, penarikan dapat terus berlanjut hingga berakhirnya opsi Desember minggu depan, yang dapat menyebabkan konsolidasi emas lebih lanjut dan pasar secara keseluruhan tampaknya fokus pada ekspektasi suku bunga The Fed.

Pemimpin Federal Reserve Bank of Boston Susan Collins mengatakan pada hari Jumat bahwa bank sentral memiliki lebih banyak kenaikan suku bunga ke depan karena berusaha untuk menurunkan inflasi, menambahkan bahwa kenaikan 75-bps masih di atas meja.

Indeks dolar menguat, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya, sementara imbal hasil Treasury AS juga naik lebih tinggi.

Sementara emas telah turun 15% sejak puncaknya Maret setelah The Fed mulai mengetatkan kebijakan moneter, emas telah naik sekitar 7% sejak awal November karena pasar mulai menghargai laju kenaikan suku bunga yang lebih lambat.

Pasar saat ini melihat peluang 87% dari kenaikan 50 basis poin pada pertemuan Fed Desember.

Baca Juga: Harga Emas Antam Turun Rp 1.000 Hari Ini 18 November, Intip Daftarnya

Meskipun emas batangan dianggap sebagai lindung nilai inflasi, suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang kepemilikan. Analis mengatakan investor institusi waspada dan keuntungan lebih lanjut untuk emas bisa sulit dipahami.

Di tempat lain, harga perak spot naik 0,3% menjadi US$ 21,02 per ons troi, namun ditetapkan untuk penurunan mingguan 3%.

Platinum turun 0,1% menjadi US$980,17 dan paladium turun 2% menjadi US$1,966,00, keduanya menuju penurunan mingguan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×