kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Menetap untuk Penurunan Kuartalan Terburuk 1,5 Tahun


Jumat, 30 September 2022 / 18:35 WIB
Harga Emas Spot Menetap untuk Penurunan Kuartalan Terburuk 1,5 Tahun
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas spot naik pada Jumat (30/9), didorong pelemahan dolar Amerika Serikat (AS). Meski begitu, harga emas berada pada jalur kuartalan terburuk sejak Maret 2021 karena bank sentral di seluruh dunia tetap dengan kebijakan moneter yang agresif.

Melansir Reuters, harga emas spot naik 0,3% menjadi US$1.665,99 per ons troi pada 1029 GMT dan telah naik 1,4% sepekan ini. Untuk kuartal ini turun 7,8%, terdalam sejak kuartal pertama 2021.

Sementara, harga emas berjangka AS naik 0,4% menjadi US$1.674,50.

Baca Juga: Harga Emas Antam Naik Rp 3.000 Hari Ini 28 September, Simak Daftarnya!

Indeks dolar diperdagangkan mendekati level terendah satu minggu, membuat emas lebih murah bagi pembeli yang memegang mata uang lainnya.

"Emas menarik kekuatan dari dolar yang lebih lemah dan mengurangi imbal hasil US Treasury karena minggu ini perlahan-lahan akan berakhir," kata analis FXTM Lukman Otunuga.

"Namun, mengingat bagaimana pendorong fundamental utama yang membebani emas tetap utuh, kenaikan saat ini kemungkinan akan terbatas. Sementara itu, harga terlihat menguji level US$1.680 dalam jangka pendek," tambah Otunuga.

Bank Sentral AS alias The Fed telah tegas dalam menaikkan suku bunga meskipun terjadi gejolak di pasar keuangan global.

Meskipun emas dianggap sebagai taruhan yang aman di saat ketidakpastian, kenaikan suku bunga cenderung menumpulkan daya tarik emas, yang tidak menghasilkan bunga.

Setelah menjadi jelas seberapa besar The Fed akan memperketat kebijakannya, "emas bisa turun dan mulai pulih," kata Carlo Alberto De Casa, analis eksternal untuk Kinesis Money.

Sementara itu, ekonomi Inggris secara tak terduga tumbuh pada kuartal kedua tetapi masih berada di bawah puncaknya sebelum pandemi, bertentangan dengan perkiraan sebelumnya yang telah pulih.

Baca Juga: Tren Kenaikan Harga Komoditas Masih Bisa Terus Memanas

"Saat kita bergerak menuju katakanlah Oktober, November, permintaan fisik dari India, China akan mendukung," kata Ajay Kedia, direktur Kedia Commodities di Mumbai.

Di tempat lain, harga perak spot naik 1,1% menjadi US$19,0167 per ons troi dan platinum sedikit berubah pada level US$865,11. Kedua logam menuju penurunan kuartalan kedua berturut-turut.

Harga palladium, yang datar di US$2,201,47 per ons troi, telah naik sekitar 14% sejauh kuartal ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×