CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 -0,70%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Harga Emas Spot Datar Pagi Ini, Penguatan Dolar Melawan Yield US Treasury yang Lemah


Kamis, 19 Mei 2022 / 08:46 WIB
Harga Emas Spot Datar Pagi Ini, Penguatan Dolar Melawan Yield US Treasury yang Lemah
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas datar pada hari Kamis (19/5). Dolar Amerika Serikat (AS) yang menguat membebani emas yang dihargakan dengan greenback dan membalas dukungan dari imbal hasil US Treasury yang lebih rendah. Prospek logam mulia sudah tumpul oleh sikap Federal Reserve yang agresif terhadap inflasi.

Melansir Reuters, harga emas spot bertahan di level $1,816,63 per ons troi pada 0047 GMT. Emas berjangka AS turun tipis 0,1% menjadi $1,814,10.

Kurs dolar AS naik pada hari Rabu, menghentikan penurunan beruntun tiga sesi, karena kekhawatiran tentang prospek pertumbuhan ekonomi global dan inflasi yang cepat menekan sentimen sehari setelah Ketua Fed Jerome Powell memberikan nada yang lebih hawkish.

Dolar yang lebih kuat membuat emas kurang menarik bagi pembeli yang memegang mata uang lain.

Imbal hasil US Treasury turun pada hari Rabu, mengikuti penurunan di Wall Street, setelah data perumahan AS yang buruk menambah kekhawatiran perlambatan yang berkembang di tengah pengetatan moneter yang agresif oleh The Fed, mendukung permintaan emas dengan hasil nol.

Baca Juga: Harga Emas Spot Menghapus Kerugian, Imbal Hasil US Treasury Turun

Dua gubernur bank sentral AS mengatakan mereka mengharapkan Fed untuk menurunkan kecepatan pengetatan kebijakan yang lebih terukur setelah Juli karena berusaha untuk memadamkan inflasi tanpa mengangkat biaya pinjaman begitu tinggi sehingga mereka mengirim ekonomi ke dalam resesi.

Meskipun dipandang sebagai lindung nilai inflasi, emas batangan sensitif terhadap kenaikan suku bunga jangka pendek AS dan imbal hasil obligasi, yang meningkatkan biaya peluang untuk menahannya.

Inflasi Inggris melonjak bulan lalu ke tingkat tahunan tertinggi sejak 1982, menekan menteri keuangan Rishi Sunak untuk menawarkan lebih banyak bantuan untuk rumah tangga dan Bank of England untuk terus menaikkan suku bunga meskipun ada risiko resesi.

Di tempat lain, harga perak spot turun 0,2% menjadi US$21,35 per ons troi, platinum turun 0,8% menjadi US$927,77, dan paladium turun 1% menjadi US$1.996,92.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×