kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45869,49   -13,44   -1.52%
  • EMAS937.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Harga emas spot bersinar ke US$ 1.917,76, raih keuntungan dari optimisme stimulus AS


Rabu, 21 Oktober 2020 / 11:35 WIB
Harga emas spot bersinar ke US$ 1.917,76, raih keuntungan dari optimisme stimulus AS
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas naik pada perdagangan Rabu (21/10). Terangkat optimisme akan kesepakatan tentang paket bantuan baru virus corona sebelum pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) sehingga menekan dolar dan mendukung daya tarik logam mulia sebagai lindung nilai inflasi.

Melansir Reuters, pukul 11.11 WIB, harga emas spot naik 0,6% menjadi US$ 1.917,76 per ons troi pada 0323 GMT, setelah sebelumnya mencapai tertinggi satu minggu. Sementara, harga emas berjangka AS naik 0,4% menjadi US$ 1.922,80.

Gedung Putih dan Partai Demokrat di Kongres AS mendekati kesepakatan tentang paket stimulus baru pada hari Selasa, setelah Presiden Donald Trump mengatakan dia bersedia menerima rancangan bantuan besar meskipun mendapat tentangan dari Partai Republik.

Baca Juga: Harga emas hari ini (21/10) di Butik Emas Antam naik Rp 4.000 per gram

Pembicaraan akan berlanjut pada hari Rabu, kata seorang ajudan dari Partai Demokrat  Nancy Pelosi. Berita tersebut mengangkat minat terhadap risiko dan mengirim indeks dolar ke level terendah satu bulan terhadap sekeranjang mata uang utama.

"Dolar AS yang jatuh adalah kontributor utama kenaikan emas," kata Margaret Yang, ahli strategi di DailyFx, yang mencakup perdagangan mata uang, komoditas dan indeks.

Pandemi telah mendorong pencetakan uang yang belum pernah terjadi sebelumnya dan suku bunga rendah secara global, menempatkan emas di jalur untuk tahun terbaiknya dalam satu dekade mengingat daya tariknya sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang.

Tetapi logam mulia telah berkisar dalam beberapa sesi terakhir, melayang di dekat level psikologis penting US$ 1.900, karena investor menunggu perkembangan kesepakatan stimulus AS.

Baca Juga: Harga emas naik di awal perdagangan hari ini, didorong optimisme stimulus AS

“Pasar membutuhkan lebih banyak kepastian tentang stimulus AS sebelum mengambil posisi,” kata analis IG Markets, Kyle Rodda.

Di sisi fisik, data bea cukai menunjukkan ekspor emas Swiss ke China dan India menyusut pada bulan September, dengan negara tersebut malah mengimpor volume emas batangan dari Hong Kong dan mengirim logam tersebut ke Inggris.

Di tempat lain, perak naik 1,4% menjadi US$ 24,98 per ons troi, platinum naik 0,8% menjadi US$ 877,91. Paladium 0,4% lebih tinggi pada US$ 2.407,95.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×