kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas naik tipis terangkat harapan keberlanjutan stimulus AS


Jumat, 09 Oktober 2020 / 05:45 WIB
Harga emas naik tipis terangkat harapan keberlanjutan stimulus AS
ILUSTRASI. A gold bar is pictured on display at Korea Gold Exchange in Seoul, South Korea, August 6, 2020. REUTERS/Kim Hong-Ji


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas naik tipis pada hari Kamis (8/10) karena ketidakpastian tentang pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) dan taruhan bahwa stimulus baru akan mendorong inflasi mengimbangi peningkatan selera investor untuk aset berisiko.

Melansir Reuters, harga emas spot naik 0,1% menjadi US$ 1.889,50 per ons troi. Sedangkan, harga emas berjangka AS menetap 0,2% lebih tinggi pada US$ 1.895,10.

Sementara ada "peningkatan selera risiko yang cukup kuat," dengan dolar yang menguat juga membebani, ekspektasi inflasi menjaga emas tetap didukung, kata Bart Melek, analis komoditas di TD Securities.

Baca Juga: Harga emas spot bergerak naik ke US$ 1.891,15 per ons troi

"Kami tidak mengatakan bahwa akan ada masalah inflasi segera, tetapi kekhawatirannya adalah jika kebijakan berlanjut dan diulangi setelah pemilu, maka kami kemungkinan akan melihat baik dolar yang lebih rendah dan suku bunga riil yang kemungkinan akan bergerak lebih rendah."

Membatasi kenaikan bullion, indeks utama Wall Street naik ke level tertinggi satu bulan karena komentar Presiden AS Donald Trump meningkatkan harapan untuk stimulus fiskal baru, bahkan ketika pemulihan di pasar tenaga kerja berjuang untuk mendapatkan momentum.

Data AS pada Kamis menunjukkan lebih sedikit orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran minggu lalu, tetapi jumlahnya tetap tinggi.

Harga emas masih naik 24% sepanjang tahun ini, didorong oleh stimulus pemerintah dan bank sentral yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia untuk menghidupkan kembali ekonomi karena dipandang sebagai lindung nilai inflasi dan perlindungan yang aman selama ketidakpastian ekonomi dan politik.

Baca Juga: Analis: Jangan beli emas Antam sebelum emas internasional turun ke US$ 1.830

"Ini (emas) akan bergerak lebih tinggi, itu akan berubah-ubah. Itu akan menjadi kenyataan untuk bulan depan menjelang pemilihan, itu akan menjadi kenyataan untuk dua bulan setelah pemilihan," kata Jeffrey Christian, managing partner dari CPM Group.

Di antara logam lainnya, harga perak turun 0,1% menjadi $ 23,81 per ons troi. Platinum menumpahkan 0,2% menjadi US$ 862,81 per ons troi dan paladium naik 2% pada US$ 2,399,31 per ns troi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×