kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45847,01   -7,82   -0.91%
  • EMAS922.000 0,55%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Harga emas naik tipis sambut liburan Natal, dolar yang lemah pasca kesepakatan Brexit


Jumat, 25 Desember 2020 / 06:15 WIB
Harga emas naik tipis sambut liburan Natal, dolar yang lemah pasca kesepakatan Brexit
ILUSTRASI. Emas batangan

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas naik tipis pada perdagangan singkat untuk sambut liburan Natal, Kamis (24/12). Dolar Amerika Serikat (AS) tetap lebih rendah setelah Inggris mencapai kesepakatan perdagangan dengan Uni Eropa, meskipun kenaikan harga emas dibatasi oleh peningkatan minat aset risiko.

Melansir Reuters, harga emas spot naik 0,3% menjadi US$ 1.877,41 per ons troi. Harga emas berjangka AS naik 0,2% menjadi US$ 1.882,10.

"Faktor pendukung untuk pasar emas termasuk indeks dolar AS yang lebih lemah selama beberapa hari terakhir setelah kenaikan awal pekan ini," kata analis senior Kitco Metals Jim Wyckoff.

"Membatasi sisi atas adalah pasar saham global yang masih dalam mode reli dan itu hanya menyedot dana dari logam mulia safe-haven."

Kurs dolar AS terbebani oleh investor yang memilih sterling karena Inggris mencapai kesepakatan perdagangan Brexit dengan Uni Eropa.

Sebagian besar investor menepis ancaman Presiden AS Donald Trump untuk tidak menandatangani proposal stimulus hampir US$ 900 miliar.

Baca Juga: Wall Street berseri sambut Natal, ditambah harapan stimulus dan kesepakatan Brexit

"Investor cukup optimistis tentang dukungan fiskal dan moneter dari pemerintah di seluruh dunia, meskipun vaksin mengurangi kemungkinan virus," kata analis UBS, Giovanni Staunovo.

Kekhawatiran atas penyebaran varian virus corona yang lebih mudah menular telah menyebabkan pengetatan pembatasan di Inggris, menggarisbawahi kekhawatiran atas pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Sementara itu, data pada hari Rabu menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim pertama kali untuk tunjangan pengangguran tetap tinggi tetapi membukukan penurunan pada pekan lalu.

Dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang, emas telah naik lebih dari 23% tahun ini. Terangkat oleh stimulus dalam jumlah besar untuk mendukung ekonomi yang dilanda pandemi.

Di tempat lain, harga perak naik 0,9% menjadi US$ 25,77. Harga platinum naik 0,7% menjadi US$ 1.021,19 dan paladium naik 0,2% menjadi US$ 2.328,64.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×