kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,98   9,58   1.06%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas naik ke puncak satu pekan, dolar AS tergelincir karena paket stimulus


Selasa, 29 Desember 2020 / 05:46 WIB
Harga emas naik ke puncak satu pekan, dolar AS tergelincir karena paket stimulus
ILUSTRASI. Emas


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas naik sebanyak 1,3% pada hari Senin (28/12), karena dolar AS tergelincir setelah Presiden AS Donald Trump menandatangani paket bantuan pandemi yang telah lama ditunggu-tunggu.

Melansir Reuters, harga emas spot naik 0,03% menjadi US$ 1.876,51 per ons troi, setelah sebelumnya mencapai tertinggi sejak 21 Desember di US$ 1.900,04. Sementara, harga emas berjangka AS turun 0,2% menjadi US$ 1.880,40.

"Satu-satunya hal yang membantu emas saat ini adalah karena dolar lebih rendah dan imbal hasil tidak jauh lebih tinggi," kata analis ABN Amro Georgette Boele menambahkan bahwa, "kami memiliki musim liburan dan tidak ada likuiditas."

Indeks dolar turun 0,3% terhadap rivalnya, tergelincir ke level terendah satu pekan, mengangkat daya tarik emas bagi pemegang mata uang lainnya. Pasar di Inggris tetap tutup pada hari Senin untuk liburan Boxing Day.

Baca Juga: Harga emas Antam naik (28/12), pembeli sepekan lalu dibayangi tekor 11,27%

Mendasari bullion, Trump pada hari Minggu menandatangani undang-undang paket bantuan pandemi senilai US$ 2,3 triliun, memulihkan tunjangan pengangguran bagi jutaan orang Amerika, dan mencegah penutupan sebagian pemerintah federal.

"Bahkan tanpa stimulus tambahan, emas bisa naik lebih tinggi ... Tanda tangan Trump (pada tagihan stimulus) adalah titik risiko utama terakhir ke pasar bullish," kata Jeffrey Halley, analis pasar senior di OANDA.

Emas dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi yang kemungkinan besar dihasilkan dari langkah-langkah stimulus besar.

"Harga emas mendapat dukungan tepat di bawah US$ 1.800 per ons troi sebelumnya dan itu bergerak di bawah rata-rata pergerakan 200 hari dan sekarang di atas lagi - sehingga memberikan sedikit lebih banyak optimisme pada prospek setidaknya awal 2021," tambah Boele dari ABN Amro.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×