kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas meredup lebih dari 1%, tertekan dolar dan US Treasury


Rabu, 08 September 2021 / 06:00 WIB
Harga emas meredup lebih dari 1%, tertekan dolar dan US Treasury
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas meredup lebih dari 1% pada perdagangan Selasa (7/9) dan berada pada jalur untuk penurunan intraday terbesar dalam sebulan. Penguatan dolar Amerika Serikat (AS) dan imbal hasil yang lebih tinggi menghilangkan kilau emas.

Melansir Reuters, harga emas spot turun 1,4% menjadi US$1.797,49 per ons troi pada 14:22 ET dan ditetapkan untuk hari terburuk sejak 9 Agustus.

Harga emas berjangka AS menetap 1,8% lebih rendah pada US$ 1.800,40 per ons troi.

Kurs dolar melonjak 0,5% terhadap para pesaingnya, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Baca Juga: Turun lagi, ini daftar lengkap harga emas Antam untuk tengah hari ini (7/9)

"Pasar emas melihat beberapa retracement, dengan dolar kemungkinan akan naik lebih jauh dan menekan logam,” kata Daniel Pavilonis, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

Harga emas mencapai puncak 2,5 bulan pada hari Jumat setelah laporan penggajian AS yang mengejutkan lembut mendorong spekulasi bahwa Federal Reserve AS mungkin mendorong kembali pengurangan pembelian obligasi.

Tetapi “kenyataannya adalah mereka (Fed) ingin mulai menguranginya, sehingga pasar (emas) akan melihat untuk memposisikan dirinya di depan hal itu benar-benar terjadi,” tambah Pavilonis.

FOMC dijadwalkan untuk bertemu berikutnya pada 21-22 September.

Harga emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang, yang disebabkan oleh langkah-langkah stimulus besar-besaran.

Lebih lanjut yang melemahkan daya tarik emas, imbal hasil US Treasury tenor 10-tahun juga naik ke level tertinggi sejak pertengahan Juli, meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan tanpa bunga.

Baca Juga: Harga Emas di Pegadaian Kembali Terkoreksi, Rabu (8/9)

“Selain itu, pasar juga mulai sedikit gugup karena upaya gagal lainnya untuk menembus di atas area resistensi utama ini di sekitar level $1.835,” kata analis Saxo Bank, Ole Hansen.

Investor juga melihat pertemuan Bank Sentral Eropa pada hari Kamis, di mana kemungkinan akan memperdebatkan pengurangan langkah-langkah stimulus karena ekonomi zona euro bangkit kembali.

Di tempat lain, harga perak turun 1,6% menjadi US$24,42 per ons troi, platinum turun 2,6% menjadi US$995,60, dan palladium tergelincir 2,1% menjadi US$2.365,00.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×