kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas meredup dipicu pulihnya dolar, investor mengukur testimoni Powell


Rabu, 24 Februari 2021 / 06:14 WIB
Harga emas meredup dipicu pulihnya dolar, investor mengukur testimoni Powell
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas turun tipis dalam perdagangan berombak hari Selasa (23/2). Dolar Amerika Serikat (AS) pulih dari penurunan sesaat setelah komentar dari Gubernur Federal Reserve AS Jerome Powell yang mengatakan pemulihan ekonomi "tidak merata dan jauh dari selesai."

Melansir Reuters, harga emas spot turun 0,3% menjadi US$ 1.803,62 per ons troi. Sedangkan, harga emas berjangka AS turun 0,1% menjadi US$ 1.805.90.

Powell mengatakan akan "beberapa waktu" sebelum Fed mempertimbangkan perubahan kebijakan yang diadopsi untuk membantu ekonomi kembali ke lapangan kerja penuh dan dia "tidak mengharapkan inflasi naik ke tingkat yang mengganggu."

"Ada sedikit ketidakstabilan di sekitar penampilan Senat Powell, tetapi dia belum benar-benar mengatakan apa pun untuk mengguncang perahu," kata analis OANDA Craig Erlam.

Baca Juga: Wall Street: Dow dan S&P 500 di zona positif pasca Powell meredakan ketakutan inflasi

"Terlepas dari volatilitas, kami belum melihat pergerakan arah yang signifikan dalam imbal hasil atau dolar, itulah sebabnya emas hanya sedikit lebih rendah, cerminan dari dolar yang sedikit lebih tinggi."

Indeks dolar merangkak kembali naik 0,2%, menjauh dari dekat level terendah enam minggu, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

“Tapi emas mungkin tidak berbalik arah untuk mendapatkan secara substansial "sampai kita mendapatkan lonjakan nyata dalam ekspektasi inflasi atau Fed yang berbicara tentang pengendalian kurva imbal hasil," kata analis IG Market Kyle Rodda.

Meningkatnya yield telah menantang daya tarik emas sebagai lindung nilai inflasi, karena meningkatkan biaya peluang dalam memegang emas.

Harga emas melonjak 1,5% pada hari Senin karena prospek kenaikan inflasi memicu kekhawatiran penilaian pada ekuitas dan mendorong investor menuju logam safe-haven.

Di tempat lain, harga perak turun 2,4% menjadi US$ 27,49 per ons troi setelah sebelumnya mencapai puncak tiga minggu di US$ 28,31.

Platinum tergelincir 3,3% menjadi US$ 1.230,54, setelah menyentuh level terendah lebih dari satu minggu di awal sesi. Palladium kehilangan 2% menjadi US$ 2.349,26.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×