kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Menguat 0,96% Sepekan Akibat Inflasi dan Kisruh Geopolitik


Minggu, 23 Januari 2022 / 06:34 WIB
Harga Emas Menguat 0,96% Sepekan Akibat Inflasi dan Kisruh Geopolitik
ILUSTRASI. Harga emas menguat dalam sepekan terakhir meski melemah dalam dua hari perdagangan terakhir.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas menguat dalam sepekan terakhir meski melemah dalam dua hari perdagangan berturut-turut jelang akhir pekan. Harga emas spot sepekan yang berakhir Jumat (21/1) ditutup menguat 0,96% ke US$ 1.835,38 per ons troi.

Sejalan, harga emas kontrak April 2022 di Commodity Exchange mengakumulasi kenaikan 0,83% dalam sepekan. Jumat lalu, harga emas berjangka ini ditutup pada US$ 1.834,10 per ons troi.

Harga emas menguat dua pekan berturut-turut karena inflasi dan risiko geopolitik mengangkat daya tarik safe-haven. Harga emas turun pada dua perdagangan terakhir pekan ini di tengah penurunan harga komoditas yang lebih luas.

"Pembelian terkendali karena pasti ada pelarian ke pasar emas pekan ini," kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures kepada Reuters.

Baca Juga: Jumat Menguat, Begini Proyeksi Pergerakan IHSG Pekan Depan

Fokus pasar sekarang pada pertemuan Federal Reserve Amerika Serikat (AS) pada 25-26 Januari. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan bank sentral akan mengetatkan kebijakan pada laju yang jauh lebih cepat daripada prediksi sebulan lalu untuk menjinakkan inflasi yang terus-menerus tinggi.

Momentum kenaikan emas bisa sulit dipertahankan menjelang kenaikan suku bunga yang diharapkan. Ini akan mengurangi daya tarik memegang emas batangan yang menawarkan bunga. Analis Standard Chartered Suki Cooper dalam sebuah catatan, memperkirakan harga rata-rata emas tahun ini akan berada di US$ 1.783 per ons troi.

Baca Juga: Harga Emas Antam Turun Rp 2.000 menjadi Rp 945.000 Per Gram Pada Hari Ini (22/1)

Harga emas pekan ini menguat karena investor mencari perlindungan dari kekhawatiran tentang kemungkinan perpanjangan sanksi AS atau langkah-langkah baru Uni Eropa jika Rusia menyerang Ukraina.

Dibantu sebagian oleh kemungkinan pukulan pasokan, karena Rusia adalah produsen utama, harga paladium naik 2,2% menjadi US$ 2.105,18 per ons troi pada Jumat lalu dan telah menguat sekitar 12,1% sepekan. Harga platinum, yang turun 0,5% menjadi $1,033,86, ditetapkan untuk minggu terbaiknya sejak Juni lalu.

Baca Juga: Kapitalisasi Pasar BEI Naik Dalam Sepekan Meski Nilai Transaksi Turun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×