kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Mendekati Level Tertinggi 3 Pekan Dipicu Ketidakpastian Omicron


Senin, 20 Desember 2021 / 12:30 WIB
Harga Emas Mendekati Level Tertinggi 3 Pekan Dipicu Ketidakpastian Omicron
ILUSTRASI. Emas Batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas naik tipis pada hari Senin (20/12), melayang di dekat level tertinggi tiga minggu pekan lalu. Kekhawatiran atas varian virus corona Omicron yang menyebar dengan cepat meningkatkan daya tarik logam safe-haven.

Melansir Reuters pukul 11.57 WIB, harga emas spot naik 0,2% menjadi US$1.801,21 per ons troi pada 0412 GMT. Sementara, harga emas berjangka AS turun 0,2% menjadi US$1.802,00. Pada hari Jumat pekan kemarin, harga emas batangan telah mencapai level tertinggi sejak 26 November.

"Ada banyak alasan untuk memiliki emas karena suku bunga riil secara historis tetap rendah bahkan jika The Fed menaikkan suku bunga. Pasar obligasi tetap non-reaktif dalam hal tarif terminal," kata Stephen Innes, Managing Partner di SPI Asset Management.

Baca Juga: Harga Emas Antam Naik Rp 1.000 Hari Ini 20 Desember, Simak Daftarnya!

Ketidakpastian Omicron dapat menyebabkan narasi bank sentral yang lebih dovish pada tahun 2022. Innes menambahkan bahwa masalah di Washington mengenai tagihan investasi domestik dan risiko Ukraina juga meningkatkan daya tarik logam tersebut.

Saham Asia turun karena melonjaknya kasus Omicron memicu pembatasan ketat di Eropa dan juga mengancam akan menyeret ekonomi global.

Pejabat Federal Reserve AS berbicara tentang segera menaikkan suku bunga setelah Maret dan mulai menurunkan neraca bank sentral pada pertengahan 2022.

Namun, pernyataan tersebut hampir tidak mengubah pandangan pasar obligasi bahwa suku bunga jangka pendek dapat melampaui perkiraan puncak The Fed.

Sementara itu, indeks dolar AS melayang mendekati level tertinggi tiga minggu pada pekan sebelumnya, membatasi kenaikan emas batangan karena greenback yang lebih kuat membuat logam ini lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Baca Juga: Antisipasi Tren Kenaikan Suku Bunga, Susun Lagi Stategi Investasi Anda

Dolar diuntungkan karena kemungkinan lebih banyak pembatasan Covid-19 yang diberlakukan menjelang liburan Natal dan Tahun Baru di beberapa negara Eropa.

Mendasari emas, imbal hasil US Treasury 10-tahun turun, menurunkan biaya peluang memegang emas tanpa bunga.

Di tempat lain, harga perak spot turun 0,1% menjadi US$22,33 per ons troi, platinum turun 0,6% menjadi US$925,07, dan paladium turun 4,9% menjadi US$1.695,12.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×