kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,70   -3,43   -0.40%
  • EMAS932.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Harga emas melonjak 1% setelah paket stimulus AS ditandatangani Trump


Senin, 28 Desember 2020 / 09:49 WIB
Harga emas melonjak 1% setelah paket stimulus AS ditandatangani Trump
ILUSTRASI. Kilau emas kian menyilaukan

Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Harga emas melonjak hingga 1% pada awal perdagangan hari ini. Sokongan bagi harga emas datang setelah berita tentang Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang menandatangani paket bantuan virus corona muncul.

Senin (28/12), pukul 09.30 WIB, harga emas spot menguat hampir 1% menjadi US$ 1.897,47 per ons troi. Di saat yang sama, harga emas berjangka kontrak pengiriman Februari 2020 pun melonjak 1% dan tembus ke US$ 1.902,3 per ons troi.

Dukungan utama bagi harga emas memang datang setelah Trump dikabarkan menandatangani undang-undang pandemi yang berisi paket stimulus dan pengeluaran berupa tunjangan kepada jutaan pengangguran di AS senilai US$ 2,3 triliun. Penandatanganan ini juga membuat penutupan pemerintahan (government shutdown) di AS terhindari. 

Seperti diketahui, keperkasaan harga emas di tahun ini terbantu oleh banjir stimulus yang dilakukan hampir seluruh negara di dunia guna mendukung ekonomi yang terdampak pandemi virus corona. Hasilnya, harga emas sudah melesat 24% sepanjang 2020. 

Baca Juga: Harga emas Antam naik Rp 4.000 menjadi Rp 977.000 per gram pada hari ini (28/12)

Turut mendukung harga emas adalah pelemahan dolar AS. The greenback tunduk di hadapan sejumlah mata uang, dan membuat emas lebih menarik bagi pemegang mata uang lainnya.

Sementara itu, pembuat kebijakan di Bank of Japan (BOJ) masih terbagi tentang seberapa jauh harus melangkah dalam mengubah program stimulus. Sebagian menginginkan perombakan strategi untuk mencapai target inflasi 2%. 

Di sisi lain, dari kawasan Eropa yang meluncurkan kampanye vaksinasi Covid-19 massal sejak Minggu (27/12) dengan pensiunan dan petugas medis mengantre untuk mendapatkan vaksin pertama guna menghilangkan pandemi yang telah melumpuhkan ekonomi dan merenggut lebih dari 1,7 juta jiwa di seluruh dunia agak menahan laju emas.

Inggris yang akhirnya mencapai kesepakatan dagang dengan Uni Eropa mendesak bisnis untuk mempersiapkan Brexit. Keduanya telah yang mempertahankan akses tanpa tarif dan tanpa kuota pasar tunggal pada blok itu.

Selain emas, harga perak juga melesat 3% menjadi US$ 26,63 per ons troi. Sementara itu, komoditas logam mulia lainnya, platinum menajak 1,7% menjadi US$ 1.040,37 per ons troi dan paladium naik 0,5% ke US$ 2.360,79 per ons troi

 

Selanjutnya: Naik 24% sejak awal tahun, prospek emas berpotensi meredup di tahun depan

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×