kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Melemah Karena Kehati-hatian Menjelang Pertemuan Sejumlah Bank Sentral


Senin, 24 April 2023 / 12:33 WIB
Harga Emas Melemah Karena Kehati-hatian Menjelang Pertemuan Sejumlah Bank Sentral
ILUSTRASI. Harga emas melemah pada hari Senin (24/4) di hari kedua berturut-turut.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas melemah pada hari Senin (24/4) di hari kedua berturut-turut. Fokus investor beralih ke pertemuan bank sentral untuk kejelasan tentang strategi kenaikan suku bunga mereka yang dapat menjelaskan apakah kemajuan telah dibuat dalam menjinakkan inflasi.

Senin (24/4) pukul 11.05 WIB, harga emas spot turun 0,1% ke US$ 1.980,59 per ons troi. Harga emas berjangka AS datar di US$ 1.991,10 per ons troi.

Harga emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga. Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak menawarkan bunga.

"Beberapa penguatan dalam imbal hasil Treasury AS setelah data flash PMI Jumat lalu menjaga tekanan turun harga emas," kata Yeap Jun Rong, analis pasar di IG kepada Reuters.

Baca Juga: Investor Hati-Hati Jelang Pertemuan The Fed, Harga Emas Melemah

Harga emas turun lebih dari 1% pada hari Jumat setelah rilis survei yang menunjukkan aktivitas bisnis Amerika Serikat (AS) dan Zona Euro semakin cepat pada bulan April.

Alat CME FedWatch menunjukkan bahwa pasar menghargai peluang 86,3% dari kenaikan 25 basis points (bps) oleh Federal Reserve AS pada pertemuan 2-3 Mei.

"Sementara ekspektasi suku bunga Fed tetap berlabuh dengan baik sejauh ini, ketahanan lebih lanjut dalam kondisi ekonomi selama beberapa minggu mendatang dapat menimbulkan spekulasi untuk kenaikan suku bunga lanjutan di bulan Juni atau mendorong kembali garis waktu penurunan suku bunga, yang akan menjadi angin sakal bagi emas," kata Yeap.

Baca Juga: Harga Emas Naik Tipis di Senin (24/4) Pagi Setelah Tumbang Akhir Pekan Lalu

Gubernur Fed Lisa Cook mengatakan bahwa prospek kebijakan moneter bank sentral selanjutnya menjadi kurang jelas setelah lembaga tersebut mengambil langkah agresif yang tepat selama setahun terakhir untuk menurunkan inflasi.

Selain itu, European Central Bank (ECB) diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar seperempat poin persentase pada tanggal 4 Mei, dengan beberapa kemungkinan kenaikan setengah poin. Bank of England terlihat menaikkan suku bunga menjadi 4,5% pada 11 Mei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×