kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Melemah, Dolar Melanjutkan Reli Menjelang Keputusan The Fed


Rabu, 15 Juni 2022 / 06:05 WIB
Harga Emas Melemah, Dolar Melanjutkan Reli Menjelang Keputusan The Fed
ILUSTRASI. Emas Batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas meredup dalam perdagangan terbatas pada hari Selasa (14/6). Dolar melanjutkan reli dan mencapai level tertinggi 20 tahun, mengikis daya tarik safe-haven emas di tengah taruhan investor dari kenaikan suku bunga agresif Federal Reserve.

Melansir Reuters, harga emas spot turun 0,4% menjadi US$1,811,59 per ons troi pada 13:54. EDT. Sementara emas berjangka Amerika Serikat (AS) turun 1% ke US$1,813,50.

"Hal utama yang mendorong emas saat ini adalah antisipasi dari The Fed yang sangat agresif dalam hal suku bunga besok, mengingat data inflasi baru-baru ini," kata Bob Haberkorn, analis pasar RJO Futures.

Dolar naik lebih tinggi terhadap sekeranjang mata uang untuk mencapai level tertinggi baru dua dekade, membuat emas mahal bagi pembeli luar negeri.

“Jangka pendek, ini masih tampak seperti lingkungan yang sulit untuk emas, tetapi pada akhirnya akan melanjutkan peran safe-haven itu. Kami hanya perlu melampaui dolar yang kuat ini,” kata Edward Moya, analis senior OANDA.

Baca Juga: Cek Harga Emas Antam dan UBS Hari Ini di Pegadaian, Rabu, 15 Juni 2022

Ekspektasi untuk kenaikan 75 basis poin pada pertemuan kebijakan dua hari Fed melonjak menjadi 96%, menurut CME’s Fedwatch.

Kenaikan seperti itu akan menjadi yang terbesar sejak 1994, meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Data lain menunjukkan indeks harga produsen untuk permintaan akhir naik 0,8% di bulan Mei setelah naik 0,4% di bulan April, kata Departemen Tenaga Kerja, sesuai dengan ekspektasi.

“Perlombaan yang berhasil atau tidak berhasil untuk memerangi inflasi sebelum ekonomi mulai menderita telah menjadi tema utama dan salah satu yang akan menentukan arah akhir emas,” tulis analis Saxo Bank Ole Hansen dalam sebuah catatan.

Di tempat lain, harga perak turun 0,4% menjadi US$20,96 per ons troi dan platinum turun 1,6% menjadi US$918,51.

Harga palladium naik 1,2% menjadi US$1.817,57, setelah mencapai level terendah hampir enam bulan pada awal sesi. “Palladium (dan platinum) terpukul oleh kurangnya permintaan dari industri otomotif,” menurut catatan klien dari Commerzbank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×