kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Harga emas masih bergerak di dekat level terendah satu bulan, Jumat (8/11) pagi


Jumat, 08 November 2019 / 09:06 WIB

Harga emas masih bergerak di dekat level terendah satu bulan, Jumat (8/11) pagi
ILUSTRASI. FILE PHOTO: A one kilo gold bar is displayed in a shop in Dubai's gold souk, April 11, 2006. REUTERS/Tamara Abdul Hadi/File Photo


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas masih bergerak di dekat level terendah satu bulan pada awal perdagangan, Jumat (8/11). China dan Amerika Serikat (AS) telah sepakat untuk menurunkan tarif sebagai bagian dari fase pertama dari kesepakatan perdagangan, memicu investor untuk beralih ke aset berisiko.

Melansir Bloomberg pukul 08.55 WIB, emas pasar spot ke level US$ 1.467,21 per ons troi atau turun 0,09%. Melanjutkan penurunan dua hari. 

Baca Juga: Harga emas anjlok 2%, ini yang terjadi menurut penjelasan empat analis

Sebaliknya, emas berjangka pengiriman Desember 2019 ke level US$ 1.468,10 per ons troi atau naik 0,12%. Setelah jatuh 1,79% ke level 1.466,40 pada sesi sebelumnya.

Asal tahu, China dan AS telah sepakat untuk menurunkan tarif barang-barang satu sama lain sebagai bagian dari fase pertama kesepakatan perdagangan, kata para pejabat dari kedua belah pihak pada hari Kamis (7/11).

Namun, kesepakatan 'fase satu' menghadapi tantangan internal yang sengit di Gedung Putih dan dari penasihat luar mengenai kekhawatiran apakah menurunkan tarif akan memberikan pengaruh ke AS dalam negosiasi.

Baca Juga: Harga emas berada di posisi bahaya untuk menembus level bawah utama

Sebagai informasi, perang dagang antara kedua negara ekonomi terbesar ini telah mengguncang pasar keuangan dan memicu kekhawatiran perlambatan ekonomi global, mendorong emas lebih tinggi 14% tahun ini.

Di sisi lain, indeks saham MSCI di seluruh dunia naik sedikit menjadi 543,70, mendekati rekor tertinggi 550,63 yang disentuh pada Januari 2018.


Reporter: Yudho Winarto
Editor: Yudho Winarto
Video Pilihan


Close [X]
×