kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45993,30   0,61   0.06%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Diprediksi Turun Efek Kenaikan Inflasi Yang Rilis Nanti Malam


Selasa, 13 Februari 2024 / 12:26 WIB
Harga Emas Diprediksi Turun Efek Kenaikan Inflasi Yang Rilis Nanti Malam
ILUSTRASI. harga emas dalam tren pelemahan


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas diprediksi cenderung tertekan, Selasa (13/2). Salah satu faktor utama yang mempengaruhi adalah kenaikan inflasi Amerika Serikat (AS) yang dijadwalkan akan rilis malam ini.

Analis Deu Calion Futures (DCFX) Andrew Fischer menilai, dampak dari inflasi yang meningkat didukung oleh kenaikan suku bunga sebelumnya dari dolar AS. Menurutnya, suku bunga yang lebih tinggi dapat mendorong investor untuk kembali menggunakan dolar AS.

Fischer juga menyoroti potensi pengaruh panjang dari pelemahan harga emas yang mungkin memicu perhatian pasar. Tren penurunan harga emas juga diperkirakan akan berlanjut, menciptakan dampak yang signifikan terhadap pasar emas.

Futures emas diperdagangkan lebih rendah selama sesi AS pada Senin (12/2). Pada Divisi Comex New York Mercantile Exchange, futures emas untuk penyerahan April diperdagangkan pada US$ 2.000 per troi ons, mengalami penurunan sebesar 0,25%.

Instrumen ini mencapai sesi rendah sebelumnya pada level dolar AS per troi ons. Diperkirakan bahwa emas akan mendapat dukungan pada level US$ 2.025,50 dan menghadapi resistensi pada level US$ 2.061,30. Sementara itu, indeks dolar AS berjangka mengalami kenaikan sebesar 0,02% dan diperdagangkan pada level US$ 104,02.

Baca Juga: Harga Emas Spot Flat di US$2.020,28 Jelang Rilis CPI AS, Selasa (13/2)

"Dengan berbagai faktor tersebut, pasar emas hari ini menjadi pusat perhatian dengan potensi penurunan harga yang berdampak signifikan. Investor dan pelaku pasar diharapkan untuk memantau perkembangan situasi ekonomi global dan kebijakan moneter yang dapat mempengaruhi pergerakan harga emas dalam jangka pendek maupun panjang," tulisnya dalam riset, Selasa (13/2).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×