kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas dan perak merosot karena risiko politik AS memudar


Sabtu, 09 Januari 2021 / 06:06 WIB
Harga emas dan perak merosot karena risiko politik AS memudar
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas merosot lebih dari 4% dan perak diikuti dengan penurunan hampir 10% pada hari Jumat (8/1). Prospek transisi kekuasaan yang mulus di Washington dan lonjakan imbal hasil Treasury AS menghantam logam mulia tersebut.

Melansir Reuters, harga emas spot turun serendah US$ 1.828,36 dan terakhir turun 3,6% pada US$ 1.843,06 per ons troi, dalam perjalanan untuk mencatatkan minggu terburuk sejak November. Sedangkan harga emas berjangka AS turun 4,1% menjadi US$ 1.835,40.

"Emas mengalami pergeseran fundamental yang besar bagi banyak investor dan mereka mulai meninggalkan perdagangan safe haven," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA.

"Anda mungkin akan melihat bahwa aliran yang kuat pasar Treasury dan itu menghilangkan beberapa daya tarik dari emas."

Kontrol Demokrat terhadap Senat AS telah menaikkan taruhan untuk stimulus besar, mengangkat imbal hasil obligasi 10 tahun ke level tertinggi sejak Maret.

Sejak Presiden AS Donald Trump telah menyetujui transisi kekuasaan yang teratur, ada beberapa "aksi ambil untung sementara," kata Jeffrey Sica, pendiri Circle Squared Alternative Investments.

Baca Juga: Sempat pecahkan rekor hingga US$ 40.000, harga Bitcoin merosot lagi

"Setelah emas menembus di bawah US$ 1.900, beberapa pedagang momentum terus mengeksekusi perintah jual."

Sementara emas secara umum dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi yang dapat dihasilkan dari stimulus yang meluas, terutama tahun lalu, yang telah berubah karena imbal hasil obligasi yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak menghasilkan bunga.

"Kami akan melihat lebih banyak stimulus dan pada akhirnya menaikkan suku bunga," kata Bart Melek, kepala strategi komoditas TD Securities.

Beberapa analis juga mengatakan beberapa investor juga dapat mengalihkan dananya ke Bitcoin, yang telah memperpanjang reli yang meroket.

Sementara, harga perak turun 7,3% pada US$ 25,14 per ons troi, setelah jatuh sebanyak 9,8%. Sedangkan harga paladium turun 2,6% menjadi US$ 2.356,23 per ons troi.

Kedua logam tersebut menghadapi minggu terburuk sejak November. Platinum merosot 5% menjadi US$ 1.060,87, mengurangi penurunan 6,2% sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×