CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 -0,70%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Harga Emas Bertahan di Level Tertinggi Berkat Kekhawatiran Inflasi


Jumat, 21 Januari 2022 / 06:19 WIB
Harga Emas Bertahan di Level Tertinggi Berkat Kekhawatiran Inflasi
ILUSTRASI. Harga emas tetap di posisi tertinggi dalam 2 bulan dengan kekhawatiran inflasi AS yang tinggi


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga emas dan perak menyentuh posisi tertinggi dalam dua bulan pada perdagangan Kamis (20/1). Komoditas logam mulia itu terangkat oleh kekhawatiran seputar inflasi dan ketegangan Rusia-Ukraina.

Kamis (20/1), harga emas spot ditutup turun tipis 0,07% menjadi US$ 1.839,29 per ons troi. Emas sempat menyentuh US$ 1,841,45 per ons troi, level tertinggi sejak 22 November.

Sementara itu, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Februari juga bergerak tipis dan ditutup di US$ 1.842,60 per ons troi.

Di saat yang sama, harga perak spot naik 2,1% menjadi US$ 24,63 per ons troi.

Faktor utama yang mendorong emas adalah inflasi, yang meningkatkan daya tariknya sebagai lindung nilai terhadap kenaikan harga, kata Daniel Pavilonis, Senior Market Strategist di RJO Futures.

"Pasar sepertinya ingin terus bergerak lebih tinggi, dan ini adalah putaran yang terpenuhi dengan sendirinya dengan lebih banyak data yang keluar dan menunjukkan bahwa inflasi tinggi tidak sementara."

Baca Juga: Harga Emas Spot Bertahan di Dekat Level Tertinggi 2 Bulan

Data pada hari Kamis menunjukkan, jumlah orang Amerika Serikat (AS) yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran naik di minggu lalu.

Mencerminkan selera investor, kepemilikan ETF emas terbesar, SPDR Gold Trust, melonjak ke level tertinggi sejak pertengahan Desember.

Meningkatnya ketidakstabilan geopolitik, terutama ketegangan Rusia-Ukraina, juga mendukung emas, kata Analis Senior ActivTrades, Ricardo Evangelista.

Rusia telah mengerahkan pasukan di perbatasan dengan Ukraina, dan negara-negara Barat khawatir Moskow merencanakan serangan baru.

Namun, kenaikan suku bunga tetap menjadi hambatan potensial karena hal itu berarti biaya peluang yang lebih tinggi untuk menahan emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Baca Juga: Reli Harga Minyak Mentah Terhenti Meski Kekhawatiran Pasokan Masih Mendominasi

Federal Reserve dapat memperketat kebijakan moneter lebih cepat dari yang diharapkan ketika bertemu minggu depan, jajak pendapat Reuters menunjukkan.

Harga komoditas logam mulia lainnya pun terlihat mulai reli. Di mana, platinum naik 2,4% menjadi US$ 1.046,53 per ons troi dan paladium melonjak 3,6% ke US$ 2.072,62 per ons troi. Kedua komoditas itu mencapai level tertinggi dalam dua bulan. Palladium menguat lebih dari 7% pada hari Rabu, sementara platinum melonjak 5%.

Reli bisa jadi terkait dengan kekhawatiran pasokan karena ketegangan Rusia-Ukraina, kata Commerzbank dalam sebuah catatan. Itu menambahkan potensi sanksi Barat terhadap produsen paladium utama Rusia dan larangan ekspor logam penting untuk industri otomotif dapat menyebabkan penurunan yang parah di pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×