kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   -2.000   -0,13%
  • USD/IDR 15.875   5,00   0,03%
  • IDX 7.308   112,83   1,57%
  • KOMPAS100 1.121   16,88   1,53%
  • LQ45 893   15,61   1,78%
  • ISSI 222   1,73   0,78%
  • IDX30 459   10,19   2,27%
  • IDXHIDIV20 553   13,54   2,51%
  • IDX80 129   1,53   1,20%
  • IDXV30 137   2,45   1,82%
  • IDXQ30 152   3,36   2,25%

Harga Bahan Baku Naik, Avia Avian (AVIA) Kerek Harga Jual Produk


Selasa, 13 September 2022 / 08:50 WIB
Harga Bahan Baku Naik, Avia Avian (AVIA) Kerek Harga Jual Produk


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenaikan harga bahan baku membuat produsen cat PT Avia Avian Tbk (AVIA) harus menyesuaikan harga jual produk mereka. Perusahaan mencatat, telah ada kenaikan harga berkisar 6%-12% selama semester pertama tahun ini. 

"Avian telah menaikkan harga selama semester pertama dengan tujuan mengimbangi kenaikan harga bahan baku dan biaya lainnya," ungkap Wakil Direktur Utama PT Avia Avian Tbk, Ruslan Tanoko, dalam Paparan Publik Virtual, Senin (12/9). 

Ruslan menuturkan, penyesuaian harga produk yang dilakukan tentunya dapat berpengaruh ke penjualan perusahaan. Ditambah lagi, Indonesia juga tengah dibayangi lonjakan inflasi yang dapat mempengaruhi daya beli masyarakat.

Namun demikian, langkah tersebut dinilai harus tetap diambil AVIA demi mengimbangi kenaikan harga bahan baku dan biaya lainnya yang terjadi belakangan ini. 

Baca Juga: Percepat Pertumbuhan Penjualan, Avia Avian (AVIA) Perkuat Jaringan Pusat Distribusi

"Secara adjusment harga adalah satu langkah yg dibutuhkan, meskipun kondisi (pasar) sedang lemah. Kalau kami lihat dari dinamika kompetisi cat, hampir semua melakukan adjusment harga jual karena mereka juga mengalami pressure yang sama dari sisi bahan baku selama ini," tutur dia. 

Atas dasar hal itu, AVIA juga tidak mengambil target yang cukup tinggi dari sisi volume penjualan. Dia berharap, secara volume dapat bertumbuh di angka 1%-5% dibandingkan tahun sebelumnya. 

AVIA pun telah menyusun berbagai langkah strategis untuk memaksimalkan kinerja tahun ini, di tengah berbagai rintangan yang melanda perusahaan. Salah satunya dengan memaksimalkan penjualan dari pusat distribusi milik sendiri. 

"Kontribusi dari total penjualan yang diberikan pusat distribusi milik sendiri di sekitar 88% sisanya 12% kami mengandalkan dari pusat distribusi pihak ketiga. Ini adalah pembeda dari perusahaan lain yang pada umumnya mengandalkan distribusi pihak ketiga," jelas dia. 

Rusli menilai, kelebihan memiliki pusat distribusi sendiri adalah pihaknya bisa lebih leluasa berupaya menggenjot penjualan di setiap pusat distribusi yang dimiliki. 

Baca Juga: Serapan Capex Tersendat, Pembangunan Pabrik ke-3 Avia AvianTerhambat Perizinan

"Kami percaya dengan kekuatan jaringan distribusi yang kami miliki kami perlu memaksmialkan setiap kesempatan yang ada untuk memperkuat posisi kami di pasar," sambungnya. 

Tak hanya itu, AVIA juga tetap getol melakukan inovasi produk. Buktinya, selama semester pertama lalu pihaknya telah meluncurkan sejumlah produk baru dari beberapa segmen produk. Seperti Avitex Anti Viruz dan No Drop Tape yang diluncurkan pada April 2022. 

Nah, di semester kedua ini inovasi produk juga masih akan tetap dilanjutkan perseroan. Rencananya, akan ada beberapa lini produk anyar lagi yang diperkenalkan di sisa tahun ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×